Kompas.com - 08/02/2022, 21:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berbeda jenis kulit, berbeda pula cara perawatan yang harus diterapkan.

Sayangnya, tidak semua orang memahami jenis kulitnya sendiri. Karena itu, tak jarang yang tak sengaja membuat kondisi kulitnya memburuk akibat memakai produk yang tidak tepat untuk jenis kulitnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui jenis kulit kita sendiri dengan tepat?

Tenang, rupanya jawabannya sangat mudah.

“Melihatnya gampang. Kalau kulit berminyak, misalnya cuci muka pagi nih, nanti sekitar 30 menit sampai satu jam kemudian, akan kelihatan lagi berminyak mukanya,” ujar dokter kulit dan skin expert dr. Kardiana Dewi SpKK dalam acara virtual launching Marina Expert White and Glow pada Selasa (8/2/2022)

Nah bagi yang memiliki kulit kering, dr. Kardiana mengatakan bahwa meski sudah seharian beraktivitas dan cuci muka pada pagi hari, kulitnya tak akan berubah.

Bahkan bagi yang kulitnya sangat kering, bisa nampak bersisik dan tak ada sebum atau minyak alami sama sekali.

Baca juga: Tiga Langkah Mudah Mengetahui Jenis Kulit

Namun untuk mengetahui apakah kulit seseorang itu sensitif atau tidak, dr. Kardiana mengatakan bahwa mendeteksinya akan sedikit sulit.

“Kalau untuk kulit sensitif, harus tunggu ada gejala dulu,” kata dia.

Kendati demikian, umumnya mereka yang memiliki kulit sensitif telah menyadarinya sendiri. Sebab, biasanya pemilik kulit sensitif merasa bahwa kulitnya terlalu mudah mengalami iritasi dan memerah jika terkena paparan sinar matahari.

Tapi, ada yang perlu diperhatikan.

Terkadang, ada yang menyangka bahwa kulit yang menderita suatu kondisi setelah mengonsumsi makanan atau produk tertentu adalah kulit sensitif. Padahal, ini tidak sama.

Kulit sensitif bukan berarti alergi terrhadap suatu bahan A tertentu, tapi iritasi secara umum. Biasanya, ditandai dengan kulit kemerahan atau eksim karena skin barrier-nya rusak,” pungkasnya,

Baca juga: Mungkinkah Jenis Kulit Berubah? Ini Penjelasannya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.