Kompas.com - 09/02/2022, 13:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berbagai metode untuk menurunkan berat badan banyak bermunculan di media sosial. Mulai dari minuman serbuk peluruh lemak, pil pelangsing, sampai pola makan yang ekstrem.

Mungkin cara tersebut bisa menurunkan berat badan secara instan. Tapi yakin cara itu sehat untuk tubuh? Daripada menerapkan cara tersebut, para ahli gizi merekomendasikan untuk minum teh hijau secara rutin.

Dikutip dari Yahoo Life, teh hijau telah lama dikaitkan dengan segudang manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Teh Hijau, Herbal Terbaik untuk Memperlambat Penuaan

Kunci penurunan berat badan ada pada metabolisme tubuh. Meski air putih dapat meningkatkan metabolisme juga, tapi kandungan pada teh hijau bisa berperan lebih dari itu.

"Teh hijau tentu bukan obat penurun berat badan. Tapi jika Anda menyukai rasa dan menikmati saat meminumnya. Konsumsi teh hijau setiap hari dapat melengkapi rutinitas makan yang sehat dan membantu menurunkan berat badan secara bertahap," ujar Stefani Sassos, MS, RDN, CDN, Ahli Gizi untuk Good Housekeeping Institute.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau mengandung kafein dan katekin (sejenis antioksidan) yang dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga: 8 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tingkat metabolisme adalah jumlah kalori yang dibakar saat melakukan berbagai aktivitas fisik. Dengan mengonsumsi teh hijau, maka metabolisme tubuh jadi lebih tinggi.

Menyeruput teh hijau sebelum berolahraga bisa menjadi stimulan yang baik untuk membakar lebih banyak kalori di tubuh.

Namun perlu diingat, teh hijau tetap mengandung kafein dan sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan.

"Kafein memiliki peran positif pada kinerja fisik. Tapi kalau dosisnya berlebihan juga berbahaya dan menyebabkan efek samping seperti kecemasan hingga sakit perut," tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.