Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stretch Mark saat Hamil Bisa Dicegah dan Disamarkan, Begini Caranya

Kompas.com - 16/02/2022, 15:59 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan hal aneh bila seorang wanita yang tengah menjalani masa kehamilan mengalami berbagai perubahan dalam hidupnya, mulai dari bentuk tubuh hingga emosi.

Dari berbagai perubahan tersebut, yang paling terlihat tentu membesarnya perut yang membuat kulit ibu hamil meregang.

Nah, hal ini bisa menimbulkan guratan berwarna merah atau putih di kulit yang biasa disebut stretch mark.

Stretch mark ini sebenarnya tidak membahayakan. Hanya saja, seorang wanita biasanya merasa tak nyaman dengan hadirnya stretch mark ini, karena membuat penampilan terganggu.

Nah, apa stretch mark ini bisa dihilangkan?

Jawabannya, bisa. Namun tidak 100 persen sempurna.

“Hingga saat ini, belum ada yang bisa menghilangkan stretch mark sampai 100 persen. Namun, bisa disamarkan dengan menggunakan krim oles atau topikal,” ujar dokter kulit Dia Febrina Sp.KK dalam acara Mama's Choice Stretch Mark Serum Launch pada Rabu (16/2/2022).

Namun, Dia mengatakan bahwa stretch mark pada ibu hamil sebenarnya bisa dicegah. Caranya, dengan memulai memakai krim dan serum yang mengandung berbagai komponen yang dapat membantu menyamarkan stretch mark.

“Saat terjadi stretch mark, kolagen menipis. Jadi, dibutuhkan krim untuk merangsang timbulnya kolagen seperti Vitamin A topikal, silikon, dan Vitamin C. Niacinamide juga bisa membantu untuk mengurangi merah-merahnya," ujar Dia.

Baca juga: Stretch Mark pada Ibu Hamil, Dapatkah Dihilangkan?

Dia juga menambahkan bahwa beberapa kandungan lain yang dapat mebantu menyamarkan stretch mark adalah glycolic acid dan minyak kelapa (coconut oil).

Alpha bisabolol juga bisa membantu mendinginkan dan mengurangi iritasi dan membantu ibu hamil yang merasa gatal saat mengalami stretch mark. Lalu mugwort juga membantu mendinginkan dan merah-merahnya," kata Dia.

Dia juga mengungkapkan bahwa sebaiknya pencegahan ini dilakukan saat strech mark masih dalam kondisi akut, yang ditandai dengan guratan berwarna merah di kulit.

Sebab menurutnya, jika stretch mark sudah ada dalam kondisi kronis yang memiliki guratan putih, akan lebih sulit dihilangkan, meski tetap bisa disamarkan dengan penggunaan rutin krim dan serum stretch mark.

Selain itu, pijat lembut saat hamil juga rupanya memberi manfaat dalam menyamarkan stretch mark.

“Berdasarkan penelitian, pijatan bisa membantu supaya stretch mark tidak bertambah banyak. Dielus perutnya sambil dipijat pakai krim atau stretch mark serum, itu juga bisa membantu," pungkasnya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Dapat Dicoba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com