Kompas.com - 19/02/2022, 09:44 WIB

KOMPAS.com - Retinol, atau sering disebut juga vitamin A, dianggap kandungan wajib yang ada di berbagai produk skincare.

Dari berbagai variasi kandungan produk kecantikan, retinol memang dianggap amat esensial untuk memberikan penampilan kulit yang lebih baik.

Retinol disebut dapat menangani berbagai masalah kulit, mulai dari garis halus hingga kerutan.

Bicara soal produk skincare dengan retinol, mungkin kebanyakan dari kita hanya menggunkan produk tersebut di area wajah saja.

Baca juga: Bakuchiol, Benarkah Lebih Baik dari Retinol untuk Cegah Penuaan Kulit?

Namun, siapa sangka kalau produk skincare dengan retinol juga dapat bermanfaat jika diaplikasikan di leher dan area di bawahnya?

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Hadley King, dokter kulit bersertifikat di New York yang kerap menggunakan retinol untuk para kliennya.

Retinoid bekerja dengan mengikat reseptor asam retinoat, yang kemudian dapat bertindak sebagai faktor transkripsi dan memengaruhi ekspresi gen.

"Hal ini membuat retinol sangat kuat dan mampu menghasilkan perubahan signifikan pada kulit," kata King.

Menurutnya, retinol juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit, mengurangi kecenderungan sel dan keratin debris untuk menggumpal dan menyumbat pori-pori.

Selain itu, kandungan retinol juga ampuh meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi perubahan warna.

Halaman:
Sumber InStyle


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.