Kompas.com - 21/02/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah daerah di Indonesia justru menimbulkan masalah baru.

Pasalnya, sekolah menjadi klaster penularan Covid-19 karena kontak erat guru dengan siswa, antarsiswa, dan ketidakdisiplininan memakai masker.

Hal ini tentu membuat resah para orang tua yang sudah merindukan anaknya kembali belajar di sekolah seperti sebelum masa pandemi.

Beberapa cara memang bisa dilakukan orang tua untuk memastikan sang buah hati selalu aman saat belajar di sekolah.

Selain membekalinya dengan makanan bergizi, tisu, dan hand sanitizer, orang tua juga dapat memakaikan jenis masker yang efektif menangkal Covid-19.

Untuk pilihan masker yang dinilai efektif menangkal Covid-19, termasuk varian Omicron, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban, merekomendasikan masker N95 dan KN95.

“Jangan masker kain. Beberapa kajian membuktikan masker kain tidak menolong, jadi kita lebih baik gunakan masker N95 atau KN95,” kata Zubairi, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (17/2/2022).

Penggunaan masker N95 atau KN95 pada anak

Masker N95 atau KN95 menjadi pilihan banyak orang sebab memiliki filter lebih baik dan segel rapat yang membuatnya lebih efektif mencegah virus masuk.

Tapi, apakah anak juga perlu dipakaikan masker N95 atau KN95 layaknya orang dewasa?

Meskipun masker N95 ideal untuk orang dewasa, perlu diketahui bahwa di AS, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) tidak merekomendasikannya untuk anak-anak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.