Kompas.com - 24/03/2022, 17:59 WIB

KOMPAS.com - Menyusui memang proses alami pada seorang ibu untuk bayinya. Namun, dalam prosesnya tidak selalu mudah, dibutuhkan keterampilan dan juga kesabaran, terutama jika ibu baru pertama kali melahirkan.

Masalah yang kerap dihadapi ibu saat menyusui bayinya antara lain rasa nyeri dan tidak nyaman karena posisi menyusui yang salah, ASI tidak keluar, hingga bayi tidak mau menyusu.

Untuk melancarkan proses menyusui setelah persalinan, ibu dapat melakukan beberapa persiapan sejak kehamilan.

"Akan lebih baik apabila pada masa kehamilan ibu sudah memiliki pengetahuan tentang menyusui sehingga tidak kaget ataupun tidak panik saat mengalami tantangan," kata konselor laktasi, dr.Ayudya Semawinata BMedSc (Hons), dalam webinar yang diadakan oleh Good Doctor dan KonsulASI beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan beberapa prinsip pemberian ASI yang harus dipahami oleh para ibu dan keluarga, antara lain: hampir seluruh wanita memiliki kelenjar susu dan bisa memproduksi ASI (kecuali pada kondisi medis tertentu yang jarang terjadi), payudara juga siap memproduksi ASI sejak minggu ke-16 kehamilan.

Baca juga: Tips Atasi Lecet dan Nyeri Payudara Saat Menyusui

Menurut Ayudya, ibu tidak perlu cemas jika pada dua atau tiga hari pertama setelah persalinan tidak dapat menyusui.

"ASI diproduksi secara bertahap. Wajar apabila pada empat hari pertama ASI yang keluar hanya sedikit. Hal ini juga berhubungan dengan kapasitas lambung bayi yang baru 10 ml. Bayi juga masih memiliki cadangan makanan di dalam tubuhnya," ujarnya.

Dia menekankan, produksi ASI sama sekali tidak berhubungan dengan ukuran payudara dan tubuh ibu. Kondisi emosional dan juga asupan gizi ibu akan berpengaruh pada produksi ASI.

ASI diproduksi sesuai dengan kebutuhan bayi, jika bayi terbiasa minum setiap dua jam tubuh ibu akan mengikuti ritme itu untuk memproduksi ASI saat payudara sudah kosong.

Ayudya mejelaskan, proses menyusui bayi dimulai dari inisiasi menyusu dini (IMD).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.