Kompas.com - 29/03/2022, 11:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih. Minuman ini juga diketahui dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Tergantung pada jenisnya, teh merupakan pilihan minuman yang baik untuk kesehatan kita, terutama untuk kesehatan usus.

"Hampir sama dengan kopi, teh juga mengandung kafein dan berbagai agen anti-inflamasi maupun antioksidan," kata ahli gastroenterologi, Dr Niket Sonpal, MD.

Manfaat teh bagi kesehatan usus

Meski demikian, perbedaan kopi dan teh memang muncul dalam hal kadar kafein.

Ketika orang-orang menegaskan bahwa beberapa jenis teh terasa lebih enak di perut daripada kopi, Dr Sonpal mencatat bahwa ini adalah hasil dari varietas teh yang kurang berkafein, yang cenderung memiliki dampak yang lebih kecil pada usus kita.

Tentu saja, teh berkafein juga memiliki manfaat kesehatan yang dan unik.

"Saat kita minum teh hijau atau matcha, maka kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang melampaui kopi," ujar Dr Sonpal.

Hal ini disebabkan karena daun teh hijau mengandung antioksidan L-theanine, yang menurut penelitian memiliki sifat pelindung saraf, mengurangi risiko demensia, dan juga membantu meningkatkan memori kerja, perhatian, serta fungsi eksekutif.

Baca juga: Rajin Minum Teh Hijau Memperpanjang Umur

Selain itu, menurut Dr Sonpal, beberapa teh herbal seperti teh jahe juga dapat memiliki efek yang sangat menenangkan pada usus kita.

"Jahe dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, sehingga secangkir teh jahe dapat memiliki efek menenangkan pada gas, sindrom iritasi usus besar, dan ketidaknyamanan umum," tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.