Kompas.com - 05/04/2022, 17:46 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang langsung membatasi aktivitas fisiknya, termasuk berolahraga, ketika memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Padahal berolahraga penting dilakukan supaya tubuh tetap bugar, tidak kaku, berat badan bisa dikontrol, dan mencegah stres.

Walau berpuasa mengharuskan kita menahan lapar dan haus, olahraga masih dapat dilakukan di waktu-waktu tertentu, seperti menjelang azan magrib atau setelah berbuka puasa.

Agar olahraga selama bulan puasa berjalan lancar dan konsisten walau belasan jam tidak mendapat asupan makan dan air, sebaiknya ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Menentukan waktu yang paling cocok

Berolahraga dalam keadaan puasa memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kita menghadapi stres harian dan cuaca panas.

Dengan menentukan waktu yang tepat, berolahraga dapat dijalankan secara aman dan berkelanjutan.

"Berolahraga sebelum buka puasa atau antara buka puasa dan sahur sebelum memulai puasa berikutnya adalah waktu yang baik karena kita bisa makan dan minum setelah berolahraga dan mengisi kembali serta rehidrasi tubuh," kata dokter umum asal Inggris, Dr. Sayyada Mawji.

2. Menyesuaikan durasi olahraga

Tidak perlu muluk-muluk berolahraga saat bulan puasa. Sebab, bertekad untuk tetap olahraga pun sudah bagus.

Yang terpenting adalah olahraga dilakukan secara konsisten untuk menjaga kebugaran sembari mengecek kondisi fisik.

"Berolahraga saat berpuasa bisa menjadi tantangan dan penting untuk dilakukan dengan aman. Yang terpenting, ingatlah untuk bersikap bijaksana dan mendengarkan tubuh Anda," saran Dr. Mawji.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.