Kompas.com - 13/04/2022, 18:48 WIB

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia dianggap sudah membaik yang membuat masyarakat sudah bersiap masuk ke fase endemi.

Pemerintah telah menerapkan sejumlah kelonggaran termasuk mengizinkan mudik Lebaran dengan sejumlah syarat tertentu.

Setelah dua tahun pandemi Covid-19, kita akhirnya bisa kembali ke kampung halaman dan bersilaturahmi Lebaran dengan sanak saudara.

Baca juga: Tips Jitu Cuti Disetujui Atasan agar Libur Lebaran Bisa Lebih Panjang

Prof. Zubairi Djoerban, Sp. PD-KHOM FINASIM, Ketua Satgas Covid-19 untuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan transisi pandemi menjadi endemi harus dilakukan secara bertahap.

Ia menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menentukan sehingga penyebaran Covid-19 ini dikatakan sebagai endemik.

Pertama, risiko penularan Covid-19 rendah dengan positivity rate yang juga menurun.

Kedua, vaksinasi usia dewasa dan usia lanjut yang sudah melebihi 70 persen dari populasi.

Tingkat keterisian rumah sakit yang rendah, kasus aktif yang turun drastis dan angka kematian yang rendah juga menjadi indikator Indonesia siap masuk fase endemik.

"Tetap waspada dan jangan jemawa karena bisa saja ketika sudah memasuki endemi, tingkat kasus aktif virus Covid-19 ini akan meningkat," pesan Prof. Zubairi dalam Webinar Nasional “Perlindungan Keluarga untuk Transisi Masa Pandemi ke Endemi” secara virtual, kemarin.

 Webinar Nasional ?Perlindungan Keluarga untuk Transisi Masa Pandemi ke Endemi? yang digelar secara virtual, Selasa (12/04/2022). Biodef Webinar Nasional ?Perlindungan Keluarga untuk Transisi Masa Pandemi ke Endemi? yang digelar secara virtual, Selasa (12/04/2022).
Agar tetap bebas infeksi Covid-19 selama mudik, spesialis penyakit dalam ini berpesan untuk mengurangi bicara saat berada di kendaraan umum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.