Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pentingnya Kendalikan Emosi dengan Bijak

Kompas.com - 19/05/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Ikko Anata

KOMPAS.com - “This might surprise you, but one of the best ways to manage your emotions is simply to experience that emotion and let it run its course.” ? Kim L. Gratz

Mengontrol emosi merupakan kemampuan yang sudah seharusnya kita miliki, meskipun secara praktis sangat sulit untuk dilakukan.

Mengapa harus demikian?

Secara singkat, emosi merupakan luapan perasaan, keadaan, serta reaksi psikologis dan fisiologis, seperti kegembiraan, kesedihan, atau lain sebagainya.

Emosi ini terus-menerus kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, ia sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, dimulai dari tindakan mengambil keputusan, berinteraksi dengan sesama, hingga bagaimana kita menyikapi keadaan mental beserta kesehatannya.

Apabila tidak dapat mengontrol emosi dengan baik dan tepat, segala dampak buruk kelak menjadi bumerang bagi kehidupan kita. Misalnya, dijauhi oleh teman, dikucilkan keluarga, hingga kegagalan menjaga kesehatan mental yang berujung pada gangguan mental.

Supaya hal itu tidak terjadi, Lani dari Teman Manusia Asa @manusiaasa.id akan bercerita tentang bagaimana kita bisa berkenalan, mempelajari, dan mengontrol emosi dengan tepat dalam siniar (podcast) Anyaman Jiwa episode “Penerimaan & Regulasi Emosi” di Spotify.

Mengenal Emosi

Definisi emosi tidak hanya sebatas dari apa yang sudah disebutkan di atas. Menurut Carolyn MacCann dalam Psychology Today, emosi merupakan pengalaman universal yang setiap orang di dunia pasti pernah alami. Perasaan emosi itu meliputi rasa bahagia, marah, takut, atau malu pada suatu saat dalam hidup mereka.

Baca juga: Metode untuk Memaafkan Orang Lain

Lebih lanjut, menurut James Gross, seorang Profesor Psikologi asal Universitas Stanford, terdapat empat komponen dalam merasakan emosi, yaitu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.