Kompas.com - 24/05/2022, 11:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Susu mengandung kalsium, kalium, dan vitamin D yang dapat memberikan manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin oleh manusia.

Namun, bagaimana jika minuman sehat ini dikonsumsi oleh anjing? Apakah anjing bisa meminumnya?

Dilansir dari Daily Paws, faktanya susu bukanlah minuman yang diperlukan anjing.

"Susu adalah salah satu makanan alergen terburuk bagi anjing. Banyak anjing tidak dapat menoleransinya,” ujar dokter hewan di Senior Tail Wagger dan direktur Kingsgate Animal Hospial Jamie Whittenburg.

Anjing yang alergi susu atau makanan lainnya bisa mengalami beberapa gejala, seperti gatal-gatal, menjilat kakinya, iritasi kulit, dan rontok bulu. Bahkan, beberapa anjing bisa mengalami gejala alergi parah seperti muntah dan diare.

Tidak hanya menjadi alergen, susu juga tinggi lemak dan kalori, namun tidak membuat kenyang. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih pada anjing.

Selain itu, beberapa anjing juga intoleran terhadap laktosa yang biasa terkandung dalam susu sapi.

Kondisi ini diperparah dengan kemampuan produksi laktase (enzim yang dapat memecah laktosa) pada anjing yang menurun saat anjing semakin dewasa.

Lalu, sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apa susu kambing yang memiliki kandungan laktosa lebih rendah dari susu sapi bisa diberikan untuk anak anjing.

Menurut Whittenburg, meski susu kambing telah dipasteurisasi, susu ini tetap tidak direkomendasikan. Sebab, kandungan susu kambing dinilai tidak seimbang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Daily Paws
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.