Dr. Drs. I Ketut  Suweca, M.Si
PNS dan Dosen Ilmu Komunikasi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Pencinta dunia literasi

Ingin Hidup Sehat dan Bahagia Saat Pensiun? Lakukan Saja Ini!

Kompas.com - 25/05/2022, 12:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEMUA pekerja kantoran pada waktunya akan pensiun, cepat atau lambat. Tidaklah mungkin orang bekerja di perusahaan secara terus-menerus, pasti ada batasnya.

Pensiun adalah hal yang biasa dan pasti akan dialami oleh semua orang yang bekerja di lembaga atau perusahaan.

Lantaran pensiun itu pasti akan datang juga -- menjadi sebuah keniscayaan, lalu apa yang bisa dilakukan?

Persiapan apa yang dibutuhkan agar saat pensiun menjadi masa yang bahagia dan dalam kondisi sehat-walafiat?

Berikut ini penulis akan mengulas tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pensiun, termasuk apa pula yang mesti dikerjakan saat sudah berada di masa pensiun.

Pertama, jangan berhenti beraktivitas.

Pensiun bukan berarti tidak berkegiatan sama sekali. Pensiun tidak berarti saatnya berleha-leha dan hanya menikmati hasil kerja bertahun-tahun yang sudah dijalani sebelumnya.

Kalau pun mau demikian, paling banter para pensiunan hanya betah bersantai-santai selama 1-3 bulan pertama saja. Setelah itu mau ngapain?

Kalau terus-menerus berdiam diri tanpa berkegiatan sama sekali, orang akan cenderung merasa hidup tidak lagi bermanfaat bagai laskar tak berguna.

Oleh karena itu, kendati sudah pensiun, seyogianya tetap melakukan aktivitas atau bekerja dengan intensitas yang lebih kecil dibandingkan dengan saat masih bekerja di kantor dulu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.