Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kiat Meningkatkan dan Menjaga Motivasi demi Mencapai Tujuan

Kompas.com - 27/06/2022, 17:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - “Motivation is the fuel, necessary to keep the human engine running.” –Zig Ziglar

Motivasi sering kali dianggap sebagai “bahan bakar” dari keberhasilan seseorang. Bagaimana tidak? Tanpa adanya motivasi, keinginan untuk sekadar memulai kegiatan saja rasanya seperti tidak ada.

Layaknya kendaraan yang diisi bahan bakar bensin supaya dapat berjalan, dengan adanya dorongan motivasi, kita akan lebih semangat untuk berproses mengejar tujuan.

Terlebih, apabila motivasi yang kita miliki didasarkan pada pikiran positif terhadap tujuan, rasa semangat dapat hadir dalam waktu yang cukup lama.

Kita tak akan merasa lelah mencapai tujuan meskipun dalam jangka waktu yang lama. Ini bisa terjadi apabila kita berhasil mengelola motivasi, seperti yang dirasakan oleh Aiman Witjaksono, Jurnalis Senior dan Presenter Berita di Kompas TV.

Sudah 20 tahun lamanya, pria berusia 43 tahun tersebut berdedikasi penuh di dunia jurnalistik. Secara eksklusif, Aiman lantas bercerita dengan penuh motivasi tentang sepak terjang dirinya ini dalam episode terakhir di musim kedua siniar miliknya yang bertajuk “Momen Mengubah Hidup dari Jurnalistik”.

“Banyak pelajaran yang saya dapatkan (dalam) perjalanan hidup (berprofesi) saya,” tuturnya.

Dua puluh tahun berprofesi bukanlah waktu yang sebentar bagi seorang jurnalis seperti Aiman. Meskipun ia menjalankannya dengan motivasi dan sepenuh hati, Aiman tetap saja manusia biasa. Terkadang, motivasi itu turun naik seperti ritme.

Oleh karena itu, penting baginya untuk selalu menjaga motivasi dengan bijaksana agar usaha pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan optimal.

Baca juga: Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu

Cara Meningkatkan Motivasi

Seorang penulis, pendidik, dan spesialis rehabilitasi psikososial asal Amerika Serikat bernama Kendra Cherry punya beberapa cara untuk meningkatkan motivasi secara psikologis.

Selain itu, juga ada tips terakhir dari Kevin Kruse, penulis ternama dari buku-buku New York Times dengan penjualan terbaik seputar motivasi dan kesuksesan, dilansir dari Forbes.

1. Gunakan Reward dengan Bijaksana

Sebelum membahas poin ini, Cherry terlebih dahulu menjelaskan dua jenis sumber motivasi. Pertama, motivasi intrinsik atau intrinsic motivation, yaitu ketika seseorang termotivasi untuk melakukan sesuatu karena adanya keinginan, kepentingan, atau kebermanfaatan untuk diri sendiri.

Kedua, motivasi ekstrinsik atau extrinsic motivation, yaitu ketika seseorang termotivasi untuk melakukan sesuatu akibat didorong dari pihak eksternal dengan diiming-imingi hadiah atau diancam hukuman. Alih-alih merasa puas, motivasi ini lebih bersifat untuk merespons konsekuensi yang didapatkan.

Pemberian reward memang salah satu cara yang acap kali dilakukan untuk meningkatkan motivasi. Namun, alih-alih meningkatkan, pemberian ini ternyata dapat merusak motivasi jika tidak disikapi dengan bijak dan hati-hati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com