Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kiat Meningkatkan dan Menjaga Motivasi demi Mencapai Tujuan

Kompas.com - 27/06/2022, 17:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - “Motivation is the fuel, necessary to keep the human engine running.” –Zig Ziglar

Motivasi sering kali dianggap sebagai “bahan bakar” dari keberhasilan seseorang. Bagaimana tidak? Tanpa adanya motivasi, keinginan untuk sekadar memulai kegiatan saja rasanya seperti tidak ada.

Layaknya kendaraan yang diisi bahan bakar bensin supaya dapat berjalan, dengan adanya dorongan motivasi, kita akan lebih semangat untuk berproses mengejar tujuan.

Terlebih, apabila motivasi yang kita miliki didasarkan pada pikiran positif terhadap tujuan, rasa semangat dapat hadir dalam waktu yang cukup lama.

Kita tak akan merasa lelah mencapai tujuan meskipun dalam jangka waktu yang lama. Ini bisa terjadi apabila kita berhasil mengelola motivasi, seperti yang dirasakan oleh Aiman Witjaksono, Jurnalis Senior dan Presenter Berita di Kompas TV.

Sudah 20 tahun lamanya, pria berusia 43 tahun tersebut berdedikasi penuh di dunia jurnalistik. Secara eksklusif, Aiman lantas bercerita dengan penuh motivasi tentang sepak terjang dirinya ini dalam episode terakhir di musim kedua siniar miliknya yang bertajuk “Momen Mengubah Hidup dari Jurnalistik”.

“Banyak pelajaran yang saya dapatkan (dalam) perjalanan hidup (berprofesi) saya,” tuturnya.

Dua puluh tahun berprofesi bukanlah waktu yang sebentar bagi seorang jurnalis seperti Aiman. Meskipun ia menjalankannya dengan motivasi dan sepenuh hati, Aiman tetap saja manusia biasa. Terkadang, motivasi itu turun naik seperti ritme.

Oleh karena itu, penting baginya untuk selalu menjaga motivasi dengan bijaksana agar usaha pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan optimal.

Baca juga: Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.