Kompas.com - 28/06/2022, 15:13 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga seharusnya menjadi aktivitas yang membuat kita merasa lebih lapar karena ini dapat menguras lebih banyak energi.

Tapi ternyata, hal itu tidak terjadi jika kita melakukan olahraga dengan lebih keras dan intens.

Lantas, apa yang menyebabkan nafsu makan bisa berkurang saat kita berolahraga secara intens dibandingkan ketika berolahraga secara ringan?

Sebuah studi yang diterbitkan di Nature menunjukkan bahwa sebenarnya ada hubungan antara olahraga yang intens dan penurunan nafsu makan.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasannya yang dilansir dari laman Lifestyle Asia berikut ini.

Perubahan metabolisme

Menurut studi tersebut, para peneliti mempelajari tentang perubahan metabolisme yang terjadi dalam tubuh ketika seseorang berolahraga.

Awalnya, mereka mengamati tikus setelah menyelesaikan 30 menit aktivitas dan menemukan lonjakan signifikan dalam satu molekul tertentu setelah hewan aktif secara fisik yakni kombinasi laktat (produk sampingan yang diproduksi dalam tubuh selama latihan) dan fenilalanin (asam amino).

Para peneliti pun menjuluki kombinasi ini sebagai "lac-phe".

Selanjutnya, untuk memastikan bahwa peningkatan produksi molekul ini secara khusus terkait dengan olahraga (bukan stres, misalnya), peneliti mencari data dari kuda pacu.

Mereka kemudian menemukan lonjakan molekul yang sama setelah kuda berlari, yang membuktikan lebih lanjut bahwa peningkatan produksi lac-phe terkait dengan olahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.