Kompas.com - 01/07/2022, 09:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain penyakit menular seksual, hubungan intim juga dapat meningkatkan beberapa risiko kesehatan lain, seperti infeksi saluran kemih (ISK).

Bahkan, ada yang mengatakan bahwa berhubungan intim saat hamil dapat meningkatkan risiko ISK bagi perempuan dan membahayakan keselamatan janinnya.

Pertanyaannya, apakah itu benar?

Nah, menurut Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Valencia A. Yuwono, sebenarnya aktivitas seksual, baik pada ibu hamil maupun tidak, memang dapat meningkatkan risiko terkena ISK.

“Karena saat berhubungan badan, penis itu kan enggak langsung masuk ke dalam vagina, tapi menyentuh area lain, misalnya sekitar anus dan area sekitar vagina lain. Lalu, penis juga bisa mentok ke muara uretra, dan membawa masuk bakteri dari situ ke kandung kemih,” ujar Valencia dalam webinar "ISK Saat Hamil? Kok Bisa?" yang digelar oleh Eka Hospital pada Kamis (30/6/2022).

Valencia menambahkan, salah satu penyebab terjadinya ISK adalah masuknya bakteri dari bagian tubuh lain seperti anus yang naik ke kandung kemih.

Otomatis, berhubungan intim dapat meningkatkan risiko terjadinya ISK pada perempuan, yang anatomi tubuhnya memudahkan bakteri dari vagina atau anus masuk ke saluran kemih karena letaknya yang berdekatan.

Untuk itu, Valencia mengingatkan agar setelah berhubungan intim, semua perempuan harus segera buang air guna mencegah bakteri naik ke kandung kemih.

“Setiap habis berhubungan badan, wajib berkemih,” ujarnya.

Lalu selain karena berhubungan intim, meningkatnya risiko ISK saat kehamilan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti adanya perubahan fisiologis dan hormon.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.