Kompas.com - 25/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Seorang pelari tentu harus memiliki tubuh yang bugar dan stamina yang baik agar kuat berlari hingga mencapai finish.

Untuk itu, para pelari perlu memahami dan memperhatikan pola makan mereka.

Nah, seperti apa pola makan yang baik bagi para pelari?

Pelari dan pelatih maraton, Andre Caprina pun menjawabnya dengan tidak melakukan diet.

“Untuk pola makan itu kita tidak menerapkan mereka untuk melakukan program diet. Karena kita memberikan program latihan cukup panjang, jadi tidak boleh diet,” ujar Andre saat ditemui pada Sabtu (23/7/2022)

Baca juga: Kisah Wanita Pelari Maraton, BAB di Celana demi Cetak Rekor Personal

Andre menambahkan, program latihan yang dia terapkan bagi para pelari terbilang cukup padat. Sehingga jika para pelari melakukan diet, tubuh mereka akan drop atau melemah.

Adapun untuk pilihan makanan, Andre menyarankan agar para pelari untuk tetap mengonsumsi makanan padat karbohidrat.

“Para pelari ini dituntut untuk bisa bertahan dalam kondisi larihan padat, jadi kita menyarankan kepada mereka untuk tetap mengonsumsi karbohidrat kompleks yang cukup tinggi supaya energi mereka tetap ada ketika melakukan program latihan,” kata Andre.

Jika ingin makan alpukat setiap hari dan menerapkan pola makan sehat, pertimbangkan untuk mengurangi porsinya, misalnya setengah dari buah utuh (sekitar 120 kalori), sepertiganya (sekitar 80 persen), atau beberapa iris tipis (sekitar 65 kalori).SHUTTERSTOCK/Sea Wave Jika ingin makan alpukat setiap hari dan menerapkan pola makan sehat, pertimbangkan untuk mengurangi porsinya, misalnya setengah dari buah utuh (sekitar 120 kalori), sepertiganya (sekitar 80 persen), atau beberapa iris tipis (sekitar 65 kalori).
Lalu selain menu makan berkarbohidrat tinggi, Andre juga menyarankan agar para pelari mengonsumsi makanan dengan protein yang cukup tinggi, seperti dada ayam panggang atau tahu dan tempe bacem.

Sayuran seperti brokoli juga dikatakan Andre memiliki kandungan protein yang cukup kompleks, sehingga baik untuk para pelari.

“Intinya, para pelari sebaiknya dipastikan untuk mengonsumsi makanan dengan tingkat karbohidrat dan protein yang cukup tinggi,” tutup Andre.

Baca juga: 6 Cara Mudah Memasak Dada Ayam, Memanggang hingga Menggoreng

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.