Kompas.com - 28/07/2022, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Lari marathon membutuhkan ketahanan ekstra dari setiap pelari supaya mereka bisa menempuh jarak yang begitu jauh.

Oleh karenanya, pelari marathon diharuskan menyiapkan berbagai hal sebelum perlombaan dimulai.

Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah asupan gizi dan nutrisi. Hal ini sebaiknya diingat setiap pelari selain melakukan latihan fisik.

"Ajang lari marathon bukanlah acara lari santai. Diperlukan kerjasama antara tubuh prima, fisik mantap, dan mental kuat."

Demikian saran ahli gizi Rumah Sakit Kasih Ibu, Ni Komang Ayu Tria Utami A.Md.Gz, dalam Road to Maybank Marathon 2022 yang digelar baru-baru ini.

Dia mengatakan bahwa latihan fisik, stretching session, dan ketenangan pikiran bukanlah satu-satunya bekal ketika pelari menempuh marathon.

Mereka juga memerlukan fuel alias bahan bakar yang ideal dengan kebutuhan fisik dari masing-masing peserta.

"Mengikuti pola makanan yang telah dirancang dengan ahli gizi terpercaya, niscaya peserta dapat menikmati kembali pengalaman berlari marathon," ujar Ayu.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mulai Lari Lagi setelah Ikut Marathon?

Bagaimana asupan gizi dan nutrisi yang ideal?

Mengingat banyak tenaga akan terkuras ketika lari marathon, sudah pasti gizi dan nutrisi yang diasup tidak bisa sembarangan.

Menurut Ayu, asupan gizi dan nutrisi untuk pelari tidaklah sama karena bergantung pada jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan kesehatan fisik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.