Kompas.com - 15/08/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Keluarga toxic adalah faktor yang bisa memengaruhi kondisi mental maupun emosional kita.

Hidup bersama anggota keluarga yang secara rutin bersikap toxic untuk menyakiti dan merendahkan kita memberikan dampak negatif yang amat besar.

Sayangnya, tak banyak orang yang sadar jika mereka sebenarnya besar dalam toxic family.

Walaupun pada akhirnya mampu mengenali ciri-ciri keluarga toxic, kita kemudian bingung cara menghadapinya tanpa harus memutus hubungan darah yang terjalin.

Baca juga: Apakah Kita Terjebak dalam Keluarga Toxic? Kenali Ciri-cirinya...

Cara menghadapi keluarga toxic

Annette Nunez, M.S., Ph.D. psikoterapis asal California mengatakan penting untuk mengidentifikasi batasan pribadi kita yang dilanggar ketika menangani keluarga toxic.

Dengan demikian, kita bisa memutuskan cara terbaik untuk menghadapinya, apakah perlu memutuskan hubungan langsung atau membahasanya secara terang-terangan.

"Sangat penting untuk mengidentifikasi apa batasan Anda dan untuk mengungkapkan batasan itu kepada individu—bahwa ini adalah garis bawah Anda. Tetapi jika itu tidak berjalan dengan baik, maka lepaskan," katanya.

"Beri diri Anda izin untuk mengatakan, 'Hei, saya merasa marah atau kesal, dan saya perlu membicarakan ini,'" saran psikoterapis berlisensi Babita Spinelli, L.P.

Cara ini merupakan opsi untuk melunakkan kalimat yang akan kita sampaikan sekaligus mengurangi potensi konflik dengan fokus pada apa yang kita rasakan, bukan yang mereka lakukan.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Toxic Parents yang Berdampak Buruk Bagi Kehidupan Anak

Namun ia mengingatkan, kita hanya bisa mengontrol tindakan sendiri ketika diskusi soal toxic family ini terjadi di luar kendali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.