Kompas.com - 31/08/2022, 12:13 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Payudara kendur merupakan bagian dari perubahan penampilan payudara yang dialami sebagian besar wanita seiring bertambahnya usia.

Hal ini adalah perubahan yang sepenuhnya alami. Namun, beberapa wanita mungkin tidak menginginkan payudaranya menjadi kendur.

Istilah medis untuk payudara kendur adalah ptosis payudara.

Ada banyak informasi tentang apa yang benar-benar berkontribusi pada payudara kendur, namun beberapa di antaranya adalah kesalahpahaman.

Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan memperbaiki payudara kendur.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Payudara Kendur

Penyebab payudara kendur

Sebelum bicara lebih jauh tentang cara mencegah payudara kendur, ada hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai penyebab payudara kendur.

Faktor utama payudara kendur adalah karena usia, di mana ligamen di payudara (disebut ligamen Cooper) akan meregang dari waktu ke waktu.

Selain itu, penyebab payudara kendur lainnya meliputi meliputi kekurangan kolagen, kekurangan estrogen, indeks massa tubuh yang tinggi, ukuran payudara yang lebih besar, menopause, dan merokok.

Merokok bisa mempercepat penuaan dan dengan demikian berkontribusi pada payudara kendur, kadang-kadang bahkan lebih awal dalam kehidupan.

Lalu, perubahan hormon yang memperluas saluran susu pada setiap kehamilan dapat menyebabkan jaringan kendur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.