Kompas.com - 24/09/2021, 08:58 WIB
Selain karena faktor usia, ternyata ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab payudara kendur. Apa saja? Berikut ulasannya. SHUTTERSTOCKSelain karena faktor usia, ternyata ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab payudara kendur. Apa saja? Berikut ulasannya.

KOMPAS.com - Payudara kendur memang terjadi secara alami karena faktor usia. Meskipun, tidak ada usia spesifik untuk memprediksi kapan payudara mulai mengendur.

Namun, ternyata ada sejumlah faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab payudara kendur.

Penyebab payudara kendur

Melansir Health, penyebab payudara kendur adalah peregangan ligamen Cooper, jaringan ikat di payudara yang membantu menjaganya tetap tegak dan terlihat kencang.

"Seperti semua jaringan di tubuh kita, payudara terdiri dari kolagen dan elastin, yang akan rusak seiring bertambahnya usia," kata wakil presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Dan Mills, MD.

Selain itu, ketika memasuki periode menopause, jaringan kelenjar yang padat akan digantikan oleh lemak sehingga membuatnya cenderung terkulai.

Sementara penyebab payudara kendur lainnya selain faktor usia, termasuk kehamilan, obesitas, penurunan berat badan drastis, dan faktor-faktor lainnya, termasuk kebiasaan kita sehari-hari.

Baca juga: Gerakan Olahraga yang Bantu Kencangkan Payudara

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebiasaan yang menjadi penyebab payudara kendur

Sejumlah aktivitas harian ternyata juga berkontribusi terhadap penampilan payudara kita.

Berikut kebiasaan harian yang menjadi penyebab payudara kendur dan perlu kita ketahui:

1. Terlalu banyak tidur tengkurap

Kebiasaan tidur tengkurap bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur jika dilakukan terlalu sering.SHUTTERSTOCK Kebiasaan tidur tengkurap bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur jika dilakukan terlalu sering.
Berbaring tengkurap memang nyaman. Namun, Dr Dirk Kremer dari Harley Street Aesthetics mengatakan ini adalah posisi tidur yang paling buruk untuk payudara kita, karena membuat payudara tertekan ke tempat tidur selama beberapa saat, atau bahkan berjam-jam, yang pada akhirnya dapat menjadi penyebab payudara kendur.

Berbaring menyamping juga kurang baik. Alasannya, posisi tersebut menyebabkan ligamen payudara meregang dari waktu ke waktu, kecuali jika bisa menopang dengan bantal di bawahnya.

Baca juga: Tidur Tengkurap dan Kebiasaan Lain yang Bikin Payudara Kendur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.