Kompas.com - 16/09/2022, 21:49 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Prediabetes merupakan tahapan diabetes tipe 2 yang cukup mengkhawatirkan banyak kalangan.

Pasalnya, orang dengan kondisi prediabetes memiliki risiko 50 persen mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu lima sampai 10 tahun.

Lantas apakah kondisi ini bisa diatasi dan dicegah agar tidak berkembang ke diabetes tipe 2? Coba simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Mencegah Prediabetes Menjadi Diabetes, Bagaimana Caranya?

Apa itu prediabetes?

Ilustrasi PrediabetesYeexin Richelle Ilustrasi Prediabetes

Prediabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah seseorang cenderung di atas batas normal, tetapi belum cukup untuk dikategorikan sebagai diabetes tipe 2.

Seseorang yang sudah didiagnosa mengalami prediabetes, maka kondisinya perlu ditangani dengan baik agar tidak berkembang menjadi diabetes.

Sementara diabetes sendiri dapat didefinisikan sebagai disfungsi metabolik dan endokrin yang ditandai dengan adanya kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Penyakit sindrom metabolik satu ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi dan penyakit kronis lainnya, seperti disfungsi organ penting, amputasi hingga menyebabkan kematian.

Gejala prediabetes

Ilustrasi diabetes pada anak, ciri-ciri diabetes pada anak, gejala diabetes pada anak, tanda diabetes pada anak, penyebab diabetes pada anak. Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi diabetes pada anak, ciri-ciri diabetes pada anak, gejala diabetes pada anak, tanda diabetes pada anak, penyebab diabetes pada anak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa 80 persen pasien prediabetes tidak mengetahui bahwa mereka memilikinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.