Kompas.com - 20/09/2022, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Berbicara soal minyak zaitun atau olive oil, kurang lengkap rasanya apabila tidak membahas manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Pasalnya, berbagai studi telah membuktikan khasiat minyak zaitun untuk menjaga sekaligus mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari beragamnya nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun, mulai dari antioksidan, omega 3, hingga vitamin K.

Baca juga: Memasak dengan Minyak Zaitun, Apa Manfaat Kesehatannya?

Di sisi lain, minyak zaitun juga mengandung omega 6, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda yang mendatangkan kebaikan.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Minyak zaitun adalah makanan sehat yang diambil dari ekstraksi buah pohon zaitun. Makanan ini bisa ditambahkan sebagai dressing salad atau untuk memasak.

Nah, ketika minyak zaitun rutin dikonsumsi, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan tubuh. Dilansir laman Eat This, berikut daftar kebaikan minyak zaitun.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang, mulai dari yang muda hingga tua, karena bisa mengancam nyawa mereka.

Untungnya, risiko terkena penyakit tersebut bisa diturunkan dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Manfaat tersebut pernah dibuktikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS dalam studi yang dipublikasikan November tahun 2018.

Baca juga: 21 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Keterkaitan antara penyakit jantung dengan minyak zaitun tidak bisa dilepaskan dari kandungan asam oleatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.