Kompas.com - 20/09/2022, 18:42 WIB

KOMPAS.com - Jumlah konsumen yang lebih peduli terhadap produk yang ramah lingkungan di Indonesia telah meningkat sebesar 112 persen di tahun 2020.

Angka ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, terkait pilihan konsumen dalam memilih produk maupun layanan yang dibutuhkan.

Data ini berdasarkan studi “Who Cares, Who Does” yang dilakukan oleh Kantar di tahun 2020, konsultan bisnis yang berbasis di London, Inggris.

Baca juga: Trik Ajak Generasi Berbeda Terapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Lalu survei di tahun 2021 menyebutkan jika 9.000 orang dari Asia Pasifik, termasuk Indonesia, yang berusia di atas 18 tahun kini lebih memperhatikan isu lingkungan terkait pembeliannya.

Sebanyak 58 persen partisipan mengaku bersedia untuk menginvestasikan waktu dan biaya untuk mendukung perusahaan yang berbuat baik terhadap sesama dan lingkungan.

Sedangkan 53 persen menyatakan sudah berhenti membeli produk/layanan yang memiliki dampak buruk/negatif pada lingkungan dan masyarakat.

“Data tersebut menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia siap melakukan aksi nyata untuk memberikan kontribusi pada lingkungan dengan cara menggunakan produk/layanan yang lebih ramah lingkungan," kata Flora Tobing, Senior Brand Manager Danone-AQUA, dalam diskusi Playfest 2022: Reactivate Your Sense, Sabtu (17/09/2022).

Hal ini pula yang mendasari keputusan Aqua agar 100 persen kemasan plastiknya dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang atau dapat dikomposkan, serta menggunakan hingga 50% material daur ulang pada tahun 2025.

Niatan ini diwujudkan salah satunya dengan program #BijakBerplastik yang telah mengumpulkan lebih dari 15.000 ton sampah plastik per-tahunnya.

Sampah ini lalu didaur ulang kembali menjadi bahan baku kemasan botol baru ataupun produk lain yang memiliki nilai ekonomi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.