Kompas.com - 28/09/2022, 12:01 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu ciri utama brand fashion Jepang Onitsuka Tiger adalah menghadirkan koleksi kontemporer yang memadukan fashion dengan olahraga, serta heritage dengan inovasi.

Itulah yang bisa kita saksikan dalam pagelaran koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 di Milan Fashion Week pada Rabu, 21 September 2022.

Di bawah arahan direktur kreatif Andrea Pompilio, ini adalah kali keempat merek tersebut berpartisipasi dalam Milan Fashion Week sejak debutnya pada Musim Gugur/Musim Dingin 2021.

Tema dari koleksi kali ini adalah minimalis Jepang, yang intinya mengekspresikan keindahan melalui estetika dengan menghilangkan apa yang tidak perlu.

Baca juga: Inspirasi Budaya Jepang dalam Koleksi Onitsuka Tiger, Gelap, Simpel, Tapi Detail

Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion WeekOnitsuka Tiger Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion Week
Pompilio mengangkat semangat sporty Onitsuka dan menafsirkannya kembali dalam produk siap pakai: jiwa metropolitan yang masih sama, namun dengan penambahan penggunaan kain dan konstruksi kompleks.

Koleksi ini dicirikan dari detailnya, sehingga garmen paling sederhana pun bisa menjadi objek desain. Semua pakaian dibuat di Jepang, dengan siluet yang mengalir, kuat dalam gaya warisannya, dan penuh perhatian terhadap detail.

Detail ini antara lain tampak pada logo bordir dengan jahitan zigzag, serta jahitan dekoratif di keliman.

Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion WeekOnitsuka Tiger Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion Week
Bentuk pengembangan yang dipinjam dari budaya Jepang juga terlihat, misalnya tali serut panjang, yang mentransformasi kaus oversize menjadi atasan timbul, atau rok dari nilon Jepang dengan lipatan yang mengingatkan pada hakama yang dikenakan oleh pemanah ky?d?.

Desain serupa kimono juga muncul di sana-sini seperti potongan lengan blus yang panjang, lebar, berkibar.

Baca juga: Loreng Harimau dalam Koleksi Tahun Macan Onitsuka Tiger

Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion WeekOnitsuka tiger Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion Week
Hampir semuanya didesain untuk kenyamanan lewat versi ultra-longgar yang berlekuk lebar.

Pompilio kali ini menggunakan hitam dan putih sebagai narasinya, namun diinterupsi oleh warna kuning dan hijau shiso yang khas, terinspirasi oleh warna cerah daun kemangi Jepang.

Sepatu dan aksesoris yang terlihat dalam gelaran ini adalah seri Serrano yang diperbarui sebagai model Tirrack.

Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion WeekOnitsuka Tiger Koleksi Musim Semi/Musim Panas 2023 Onitsuka Tiger di Milan Fashion Week
Onitsuka Tiger juga menyertakan sandal jepit kulit gaya Jepang, topi baseball, digabung dengan pelindung matahari khas yang sering digunakan oleh orang Jepang, serta tas yang dibordir dengan logo.

Baca juga: Berbeda dari Biasanya, Koleksi Monokrom Onitsuka Hadir di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.