Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 13:47 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Perlindungan terhadap sinar matahari adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit.

Tetapi, memilih SPF bisa sedikit membingungkan, terutama ada dua jenis dasar produk perlindungan matahari yakni sunblock dan sunscreen.

Meskipun namanya cukup menjelaskan apa masing-masing kegunaannya, pasti ada lebih banyak hal dalam memilih produk daripada memilih mana yang paling tren di media sosial atau yang memiliki kemasan paling keren.

Faktanya, meskipun keduanya sering digunakan secara bergantian, ada beberapa perbedaan utama antara sunblock dan sunscreen, yang mungkin membuat salah satunya lebih baik untuk kebutuhan perawatan kulit kita.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Nah, untuk membantu memecahkan teka-teki perlindungan terhadap sinar matahari ini, para ahli dermatologi pun menjelaskan perbedaan sunblock dan sunscreen, seperti yang dilansir dari laman Byrdie berikut ini.

Apa itu sunscreen

"Dikenal sebagai sunscreen kimia (chemical sunscreen), produk ini mengandung sejumlah bahan kimia yang menyerap sinar UVA dan UVB untuk mengubahnya menjadi panas melalui reaksi kimia yang kemudian dilepaskan."

Demikian penuturan seorang ahli dermatologi kosmetik dan bedah di Shafer Clinic di New York, Dr Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD.

Rekan-rekan INCI-philes yang mempelajari daftar bahan akan terbiasa dengan setidaknya beberapa bahan kimia sunscreen.

Ada pun bahan-bahan itu, termasuk sinamat, salisilat, oktokrilat, dan ensulizol, yang menghalangi sinar UVB, dan benzofenon, antranilat, avobenzon, serta ekamsul yang menghalangi sinar UVA.

Kunci agar sunscreen dapat bekerja pada kulit adalah penyerapannya.

Menurut ahli perawatan kulit dan facialis klinis di Kate Kerr London, Kate Kerr, sunscreen cenderung memiliki tekstur yang lebih tipis, sehingga dapat menembus kulit tanpa meninggalkan residu berminyak atau lapisan putih.

Maka dari itu, sunscreen sangat ideal bagi mereka yang memiliki rutinitas perawatan kulit berlapis-lapis.

Baca juga: Tabir Surya Tidak Hanya Sunblock

Namun, karena sunscreen sebagian diserap oleh tubuh, Engelman mengatakan pentingnya untuk mengaplikasikan sunscreen setidaknya 30 menit sebelum paparan sinar matahari.

Dan, karena sunscreen cenderung bertahan lebih lama daripada sunblock, kita tidak perlu mengaplikasikannya kembali sesering mungkin.

Apa itu sunblock

Biasa disebut "mineral" atau "physical" sunscreen, sunblock bekerja dengan membentuk penghalang mineral pada kulit yang menghalangi penyerapan sinar UVA dan UVB.

Halaman:
Sumber Byrdie


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com