Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Buat Kamu yang Merasa Rapuh

Kompas.com - 28/09/2022, 19:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata

KOMPAS.com - “It’s okay to not be okay.”

Pernah dengar kalimat itu? Sebagian besar orang pasti pernah mendengarnya, tapi tidak semua orang bisa merasakan maksud dari kalimat tersebut.

Jika diulik maknanya, kita akan menemukan bagaimana penerimaan diri dari perasaan sedih dan kecewa, kemelut atas bisingnya pikiran, dan perasaan yang sesak dalam satu waktu hingga membuat kita demotivasi.

Lani (Lutfiah Fitrianisa) dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Buat Kamu yang Merasa Rapuh” turut bercerita saat dirinya merasa rapuh. Ia mengatakan jika sedang merasa putus asa karena masalah yang datang silih berganti, kita tak boleh berlebihan melampiaskan emosi dan harus segera bangkit.

Kita harus tahu bahwa perasaan rapuh atau tidak baik-baik saja hanyalah salah satu fase yang membuat diri tumbuh. Fase ini pula mengajarkan kita untuk bisa menghadapi masalah tanpa menghindarinya.

Namun, terkadang kita sulit untuk mengendalikan emosi atau perasaan dan berujung hanya diam di tempat. Segala macam usaha serta saran dari orang lain, nyatanya tidak semudah itu untuk dipraktikkan.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Ibu Menyusui

Itu sebabnya, mengutip dari Macquarie Centre, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan saat merasa tidak baik-baik saja.

Akui Perasaan Kamu

Terkadang kita sulit menerima jika sedang merasa tidak baik-baik saja. Akhirnya, kita malah berujung tak mau mengakui perasaan diri dan berusaha baik-baik saja, khususnya di hadapan orang lain.

Padahal, hal tersebut bisa membuat kamu mati rasa jika terus dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.