Kompas.com - 29/09/2022, 11:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak semua orang dapat buang air besar (BAB) dengan mudah dan lancar, alias mengalami sembelit. Hal ini sangat tidak nyaman karena membuat perut kembung, begah, dan mungkin terasa sakit.

Tetapi, apa sebenarnya penyebab sembelit itu dan makanan seperti apa yang bisa kita masukkan ke dalam rutinitas sehari-hari untuk mengatasinya?

Menurut ahli diet yang berspesialisasi dalam masalah pencernaan kronis, Sydney Greene, MS, RD, sembelit bisa disebabkan oleh kurangnya asupan cairan. Jadi, tetap terhidrasi dengan cukup sangat penting untuk pencernaan yang optimal.

Ada pun beberapa faktor lain yang dicatat Greene dapat menyebabkan sembelit adalah kurangnya aktivitas fisik, serta sering mengonsumsi makanan yang diproses dan kaya lemak.

Salah satu cara untuk mencoba dan mengatur pencernaan dengan lebih baik adalah dengan menilai kembali apa yang kita makan setiap hari.

Misalnya, selain minum lebih banyak air untuk mendapatkan lebih banyak cairan, meningkatkan asupan serat juga dapat menyebabkan buang air besar lebih teratur, karena serat memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan usus.

Hal ini dapat menurunkan peluang kita untuk mengalami penyumbatan dan memudahkan tinja untuk melewatinya.

Baca juga: 5 Tips Mengobati Sembelit di Rumah

Makanan untuk meredakan sembelit

Jika kita pernah mengalami masalah tidak bisa ke kamar mandi untuk jangka waktu yang lama tetapi tidak yakin makanan apa yang dapat membantu, cobalah salah satu dari 10 makanan ini untuk meredakan gejala sembelit.

1. Biji chia

Baik itu mencampurkannya ke dalam smoothie atau dalam puding yang lembut, biji chia dapat memainkan peran besar dalam membantu sistem pencernaan kita mengalir dengan lancar.

"Biji-biji ini mengembang hingga 10 kali lipat ukurannya ketika bersentuhan dengan cairan," kata Greene.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.