Kompas.com - 02/10/2022, 07:56 WIB

KOMPAS.com - Batik kini bukan lagi pakaian yang terkesan kaku atau hanya dapat dikenakan oleh orang-orang tertentu.

Banyak perajin lokal pun mulai berinovasi membuat batik menjadi pakaian yang lebih modern supaya bisa juga diminati anak-anak muda.

Salah satu perajin lokal asal Yogyakarta, Shirosima, misalnya, menawarkan angin baru di industri batik melalui motif dan model pakaian batik yang lebih modern.

Selain itu, desain pakaian batik Shirosima juga menerapkan zero-waste pada koleksi batiknya, sehingga tidak menyisakan limbah kain.

Baca juga: Link Download Twibbon Hari Batik Nasional 2022 dan Cara Pakainya

Modern namun tetap tradisional

Menurut pendiri Shiroshima, Dian Nutri Justisia Shirokadt, meskipun motif dan model koleksi pakaian batiknya sudah modern, namun dalam proses pembuatan batik, dia tetap menggunakan teknik tradisional.

Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik secara manual tidak hanya memiliki nilai estetis yang tinggi, tetapi juga bentuk penghargaan terhadap sejarah batik.

"Tahun 2019 saya memutuskan untuk berbisnis batik. Motif yang digunakan memang kontemporer, tapi proses produksinya masih menggunakan teknik tradisional yakni dengan tulis dan cap."

Baca juga: Jangan Mencuci Batik dengan Mesin Cuci

Demikian penuturan Dian dalam acara workshop media Shopee bertajuk Cerita Batik Nusantara di Museum Tekstil Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Ada pun koleksi batiknya tersedia untuk pria maupun wanita dengan bahan-bahan yang nyaman untuk dipakai sehari-hari.

"Kalau dulu batik terkesan kaku, sekarang saya membuatnya jadi lebih modern dan santai. Jadi bisa dikenakan untuk berbagai acara," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.