Kompas.com - 06/10/2022, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Digigit kelabang bisa menimbulkan sensasi menyakitkan. Meski cenderung tidak berbahaya, namun rasa sakit digigit kelabang terasa sangat mengganggu.

Kelabang atau lipan merupakan serangga karnivora. Mereka menggunakan bisa untuk melumpuhkan mangsanya seperti serangga lain atau cacing.

Serangga yang satu ini sebetulnya tidak agresif terhadap manusia, namun mereka bisa saja menggigit seseorang jika merasa terancam atau tidak sengaja terinjak.

Baca juga: Cara Mengusir dan Mencegah Kelabang Masuk ke Rumah 

Gejala akibat digigit kelabang

Ilustrasi kelabang. SHUTTERSTOCK/MR. AEKALAK CHIAMCHAROEN Ilustrasi kelabang.

Semua jenis kelabang menggunakan racun atau bisa untuk membunuh mangsanya. Serangga yang satu ini bisa tumbuh dan memanjang sampai 7 inchi atau sekitar 17 cm.

Beberapa di antaranya, terlebih pada serangga liar yang hidup di hutan tropis, panjangnya bisa melebihi ukuran tersebut.

Mereka sangat mudah ditemui di tempat yang gelap, lembap dan beriklim basah. Tak heran jika kelabang sering dijumpai di kamar mandi, taman atau area perkebunan.

Kelabang dapat menggigit dengan cara menusukkan cakarnya melalui kaki runcing yang terletak di segmen tubuh pertama.

Gigitan dari kelabang dapat dengan mudah dikenali karena biasanya ditandai dengan dua tanda tusukan di mana mereka menyuntikkan racun ke dalam kulit.

Area gigitan pun biasanya dapat berubah warna menjadi merah atau membengkak. Meski gigitan kelabang jarang menyebabkan komplikasi kesehatan pada manusia dan biasanya tidak berakibat fatal.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.