Kompas.com - 06/10/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Bagi orang dengan imunitas yang kurang baik, beberapa hal seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, atau makanan tertentu mungkin sudah tidak asing sebagai penyebab alergi.

Namun, sejumlah alergen yang tidak umum seperti daging merah atau kopi ternyata juga dapat memicu reaksi alergi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit beberapa orang mungkin sangat sensitif terhadap cuaca dingin atau keringat mereka sendiri.

Baca juga: Ingin Sembuh Dari Alergi, Salah Satunya Dengan Menghadapi Alergen Itu

Meskipun ini bukan alergi yang kerap terjadi, tetapi orang-orang dengan hipersensitivitas dapat mengalami ruam kulit ketika terpapar unsur-unsur ini.

Nah, seperti yang dilansir dari laman Lifestyle Asia, berikut adalah sejumlah daftar alergen yang tak umum dan jarang diketahui orang-orang

1. Kopi

Alergi terhadap kopi memang sangat jarang terjadi.

Alergen utama kemungkinannya adalah protein tertentu dalam biji kopi.

Dalam sebuah studi tahun 2012, misalnya, para peneliti mengidentifikasi protein spesifik dalam debu biji kopi mentah (hijau, pra-panggang) yang menyebabkan reaksi alergi di antara beberapa petani kopi.

Baca juga: Alergi Ikan Salmon, Apa Solusinya?

Protein ini kemungkinan stabil terhadap panas dan mungkin ada dalam kopi yang kita minum. Tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami alergen kopi.

Orang mungkin salah mengira intoleransi kafein sebagai alergi kopi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.