Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 10:00 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Secara alami, peradangan atau inflamasi merupakan respons tubuh terhadap ancaman dari luar, seperti stres, infeksi, ataupun bahan kimia beracun.

Namun, seiring berjalannya waktu, peradangan kronis ternyata juga bisa membahayakan sel-sel tubuh kita.

Tak heran bila dalam beberapa kasus, peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti jantung, diabetes, dan nyeri sendi.

Nah, untuk mengurangi peradangan kronis, kita bisa memulainya dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup melalui asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Baca juga: 5 Buah yang Dapat Kurangi Peradangan dan Perlambat Penuaan

Minuman untuk mengurangi peradangan kronis

Dilansir dari laman Eat This Not That, berikut adalah beberapa minuman yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi peradangan kronis.

1. Jus nanas

Ilustrasi jus nanas yang baik untuk pencernaan setelah makan daging. SHUTTERSTOCK/ITUMMY Ilustrasi jus nanas yang baik untuk pencernaan setelah makan daging.
Salah satu antiinflamasi yang paling banyak diteliti dan paling kuat adalah bromelain, enzim yang ditemukan berlimpah dalam nanas.

Sebuah tinjauan studi tentang bromelain dalam jurnal Foods pada tahun 2021 juga mengeksplorasi banyak kemungkinan efek terapeutiknya untuk pengobatan kanker, luka bakar, penyakit kardiovaskular karena sifat antikoagulannya, alergi, sinusitis, dan arthritis.

Salah satu alasan mengapa bromelain sangat efektif adalah karena bromelain memiliki bioavailabilitas yang tinggi, yang berarti bromelain diserap dengan cepat oleh tubuh dan tetap ampuh untuk jangka waktu yang signifikan.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa bromelain menghasilkan efek analgesik dan antiinflamasi pada pasien dengan arthritis reumatoid, yang mengurangi nyeri lutut dan peradangan pada pasien dengan osteoarthritis.

Ada pun mengonsumsi jus nanas setelah berolahraga juga diketahui dapat meredakan peradangan pasca latihan dengan membantu memperbaiki dan meredakan nyeri otot karena minuman ini kaya akan kalium.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.