Kompas.com - Diperbarui 23/09/2022, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Untuk menurunkan berat badan, kita dianjurkan untuk makan banyak sayur dan buah. Namun, setiap sayur dan buah sebetulnya punya khasiat masing-masing.

Buah nanas, misalnya, dianggap ampuh membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, ada sebuah video TikTok tentang "pineapple diet (diet nanas)" yang mengundang perhatian banyak pengguna platform media sosial tersebut.

Dalam video TikTok yang diunggah oleh akun @catcasas, disebutkan bahwa makan nanas bisa membantu menurunkan berat badan beberapa kilogram dalam periode singkat.

@catcasas

Pineapple is my best friend. #VideoSnapChallenge #weightloss #healthy #healthyrecipes #foryou #fy #perderpeso #dietanotiktok #fitness #bajarlapanza

? Can We Kiss Forever? - Kina

Lalu, bagaimana faktanya, benarkah nanas bisa menurunkan berat badan?

Co-founder Culina Health di New York City, Vanessa Rissetto, MS, RD mengatakan kepada Women's Health, mungkin saja nanas bisa membantu menurunkan berat badan. Lebih jauh, ia menjelaskan beberapa manfaat nanas yang bisa kita dapatkan, termasuk jika memiliki target menurunkan berat badan:

1. Rendah kalori

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu porsi nanas mengandung sekitar 82 kalori, dengan 21 gram karbohidrat.

Meski mengandung sejumlah karbohidrat, bukan berarti buah ini buruk untuk kesehatan. Sebab, karbohidrat adalah sumber bahan bakar untuk tubuh.

Namun, bagi orang yang sedang menjalankan pola makan rendah karbohidrat, pastikan konsumsi nanas tidak mengganggu pola diet.

Baca juga: Bantu Turunkan Berat Badan, Segini Kalori dalam Sebutir Telur Rebus

2. Mengandung bromelain

Bromelain adalah enzim yang dapat membantu memecah protein dan meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.