Kompas.com - Diperbarui 26/11/2022, 05:37 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang merasa frustrasi dengan olahraga dan diet yang dijalani karena berat badan mereka tidak kunjung turun.

Jika hal itu terjadi, tak ada salahnya memilih mengonsumsi kelor yang sudah dibuktikan dalam studi mampu menurunkan berat badan.

Kelor yang disebut juga moringa (Moringa oleifera) adalah jenis tanaman tropis yang dapat dikenali dari bentuk daunnya yang kecil.

Tanaman ini mudah dijumpai pada tanah yang tidak selalu subur dan dikatakan peneliti memiliki khasiat yang mengagumkan, salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Intip Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Hal tersebut diungkap oleh ahli diet terdaftar yang juga juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics asal Seattle, AS, Ginger Hultin, dikutip dari Live Strong.

Nutrisi kelor

Nama kelor sebenarnya tidaklah asing di telinga Indonesia karena daunnya dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol hingga mencegah diabetes.

Nah, tanaman yang daunnya begitu populer ini mengandung vitamin dan mineral yang penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, dan zat besi.

Satu cangkir kelor yang sudah dicincang juga dikatakan peneliti mengandung 13 kalori dan 2 gram protein.

Baca juga: 7 Manfaat Tak Terduga dari Daun Kelor

Kandungan tersebut masih ditambah sembilan asam amino esensial dan hampir seluruh bagian kelor sangat rendah kalori dan karbohidrat.

Khusus untuk daun maupun biji kelor, studi mendapati temuan bahwa dua bagian dari tanaman ini mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan melawan malnutrisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.