Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Berbagai Jenis Tanda Lahir, Adakah yang Berbahaya?

Kompas.com - 06/06/2023, 08:08 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti namanya, tanda lahir merupakan sebuah tanda pada kulit yang muncul saat lahir atau mulai berkembang beberapa minggu hingga beberapa tahun setelah kelahiran.

Tanda lahir pun umumnya tidak berbahaya, meski ada beberapa tanda lahir yang bisa menandakan kondisi lebih serius, terutama jika muncul dalam jumlah besar atau berkelompok.

Selain itu mengutip Very Well Health, sebenarnya tanda lahir terdiri dari berbagai jenis, yang terbagi ke dalam dua kategori utama, yaitu vaskular dan pigmented.

Apa bedanya? Simak paparannya, berikut ini.

Tanda lahir vaskular

Jenis tanda lahir yang terdiri dari pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit, membuatnya tampak merah dan bisa meluas.

Berikut beberapa jenis tanda lahir vaskular:

Hemangioma

Hemangioma biasanya terjadi pada lima persen bayi baru lahir, terutama anak perempuan dan bayi prematur, serta bisa terbentuk dalam dua cara, yaitu hemangioma stroberi dan hemangioma internal.

Hemangioma stroberi memiliki ciri berwarna merah cerah, terjadi di dekat permukaan kulit, bisa terlihat seperti bercak datar atau benjolan keras dan kenyal, serta bisa menjadi luka jika terbuka.

Sementara itu, hemangioma internal akan berkembang di lapisan kulit yang lebih dalam dan terlihat seperti tonjolan berwarna biru keabu-abuan.

Hemangioma ini cenderung tumbuh dengan cepat pada tahun pertama kelahiran dan mulai memudar seiring waktu berjalan. Bahkan, hemangioma ini bisa baru benar-benar memudar saat seseorang berusia 10 tahun.

Tanda lahir jenis ini pun umumnya tidak berbahaya, meski beberapa hemangioma dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lain jika berkembang di bibir, kelopak mata, hingga organ lain, sehingga perlu perawatan medis.

Sementara itu, anak-anak yang memiliki hemangioma di sekitar mulut, dagu, salah satu sisi wajah, atau yang memiliki banyak tanda lahir kecil yang menyebar di seluruh kulit kemungkinan besar mengalami hemangioma internal.

Baca juga: Misteri Munculnya Tanda Lahir di Tubuh

Salmon patch

Jenis tanda lahir yang paling umum terjadi ini memiliki banyak nama, seperti vascular stains, macular stains, angel's kisses, hingga stork bites.

Adapun tandanya, salmon patch akan terlihat mungil, datar, dan berwarna merah atau merah muda akibat berkumpulnya pembuluh darah.

Biasanya, tanda lahir ini akan lebih terlihat saat bayi kepanasan, kesal, buang air besar, atau menangis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com