Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2023, 13:15 WIB
Niken Monica Desiyanti,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernikahan yang langgeng merupakan impian bagi banyak pasangan. Sayangnya, menjalani sebuah pernikahan tidak semudah yang dibayangkan. Selalu ada konflik dan tantangan yang menimbulkan pertengkaran, bahkan bisa memicu keretakan rumah tangga. 

Diungkapkan oleh Rani Anggraeni Dewi, seorang terapis pasangan bersertifikasi, ada tiga masalah utama yang sering dihadapi dalam pernikahan.

“Apa pun generasinya, masalahnya sama, selalu tiga ini,” katanya, saat dijumpai dalam acara The Power of Real Connection yang diselenggarakan connexion, di Jakarta Selatan (20/7/23).

Baca juga: Cegah Selingkuh, Bagaimana Cara Punya Hubungan Sehat Saat Menikah?

Tiga masalah umum dalam pernikahan

Hal pertama yang bisa memicu pertikaian dalam kasus pernikahan adalah perbedaan nilai yang dianut.

Menurut Rani, meskipun pasangan memiliki agama dan budaya yang sama, namun nilai-nilai yang dianut mungkin saja berbeda.

“Nilai nilai itu dibentuk tradisi budaya dan agama atau ajaran, walaupun suku dan agamanya sama belum tentu sama nilai-nilainya,” kata penulis buku "Untuk Apa Menikah & Untuk Apa Bertahan" ini.

Perbedaan nilai-nilai dalam sebuah hubungan ini akan sulit untuk dihadapi, apalagi jika kedua pasangan enggan menurunkan egonya untuk berkompromi dan beradaptasi terhadap perbedaan yang ada.

“Faktor yang kedua adalah ekonomi, apakah ekonomi kita selalu lancar? Kan enggak, apakah kita selalu terbuka masalah keuangan? Kan enggak juga,” ujar Rani.

Uang memang bukan satu-satunya sumber kebahagian dalam sebuah pernikahan. Namun, kekurangan uang juga akan menjadi sumber masalah dalam pernikahan.

Baca juga: Pentingnya Ngobrolin Masalah Keuangan Sebelum Menikah

Hal ini dibuktikan dengan laporan Statistik Indonesia pada tahun 2022 yang menyebutkan bahwa ekonomi menjadi faktor penyebab perceraian terbesar kedua setelah pertengkaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com