Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Busana Terbaik, Kaesang Pangarep Kenakan Kawasaran Minahasa

Kompas.com - 17/08/2023, 14:26 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi salah satu pemenang busana adat terbaik di perayaan upacara HUT ke-78 RI yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, (17/8/2023).

Sebelumnya, para tamu undangan yang hadir memang diperkenankan untuk memakai busana tradisional.

Di penghujung acara, terpilih lima orang yang berhasil memikat dengan pilihan busana adatnya untuk mendapatkan predikat busana terbaik di HUT ke-78 RI.

Salah satu di antara lima pemenang itu adalah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Di acara tersebut keduanya memang tampil sangat berbeda dari para tamu undangan yang lain. Pasangan muda ini terlihat mencolok dengan kostum Kawasaran dari Minahasa.

Kostum yang dikenakan Kaesang ini merupakan rancangan desainer muda, Angga Arisnanta dan pegiat budaya Minahasa, Rinto Taroreh.

Melalui unggahannya di Instagram, Kaesang menuturkan, kostum Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa, Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut "Waraney".

Baca juga: Erina Gudono Tampil dengan Kebaya Modern di JF3 Fashion Festival 2023 

Mulanya kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau.

Kawasaran berasal dari kata "kawak" yang berarti "melindungi" dan "asaran" yang bermakna "sama atau berlaku seperti".

Dengan demikian arti makna Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan.

Kesang Pangarep dan pemenang busana adat terbaik di upacara HUT ke-78 RITangkapan layar - youtube Sekretariat Negara Kesang Pangarep dan pemenang busana adat terbaik di upacara HUT ke-78 RI

Ketika melihat tampilannya, secara keseluruhan kostum Kawasaran yang dipakai Kaesang dan Erina didominasi oleh warna merah yang dipadankan dengan kain tenun kaiwu patola.

Unsur etnik sangat terlihat karena ada beberapa aksen aksesori berupa replika tulang belulang hewan yang dikalungkan. Begitu pula pada head piece yang dihiasi bulu-bulu tinggi dan aksen tulang belulang. 

"Aksesori dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli," tulis Kaesang.

Kemudian bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun.

Kaesang dan Erina bukan satu-satunya tokoh kenamaan yang berhasil meraih predikat busana terbaik (untuk juara 4).

Juara ke lima, ada pula Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga berhak mendapatkan hadiah berupa sepeda di Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Profil Gita Bahana Nusantara yang Tampil Saat Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com