Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2024, 09:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Hubungan romantis hampir selalu berujung pada dua hal: kamu putus atau menikah. Kebanyakan dari kita, baik dalam waktu dekat atau nanti, mengincar hal yang terakhir. 

Namun apakah pasanganmu siap untuk mengambil langkah selanjutnya itu? Beberapa orang mungkin belum siap atau tidak ingin menikah. Lalu bagaimana cara mengetahui pasangan belum siap untuk menikah? Berikut tanda-tandanya:

1. Dia mengalihkan topik pembicaraan tentang pernikahan

Kebanyakan orang ingin membicarakan hal-hal yang mereka sukai. Di sisi lain, mereka cenderung menghindari topik yang membuat mereka tidak nyaman.

Sandra Myers, seorang mak comblang dan presiden Select Date Society, mengatakan bahwa banyak pasangan akan berusaha mengubah topik pembicaraan soal pernikahan jika itu bukan langkah yang ingin dia ambil dalam waktu dekat.

“Ketika pasanganmu menghindari percakapan tentang pernikahan, atau selalu mengalihkan topik jika kamu memulai bicara tentang pernikahan, tandanya dia belum siap,” kata Myers pada Best Life. "Jangan abaikan tanda ini."

Cobalah bertanya langsung kepada pasangan apa pendapatnya tentang masa depan kalian bersama dan seperti apa pendapatnya, saran Jaida Pervis, pencari jodoh dan pakar hubungan. 

“Jika dia diam saja atau tiba-tiba merasa canggung lalu mengalihkan pembicaraan, itu tandanya pasangan tidak nyaman dengan topik tersebut,” ujarnya.

Baca juga: Apakah Kita Sudah Siap Menikah? Cek 15 Tanda Berikut Ini

2. Dia memberikan komentar negatif tentang pernikahan secara umum

Beberapa orang lebih terbuka soal pandangan mengenai pernikahan, dalam pengertian yang lebih umum. Menurut Pervis, kamu bisa mengukur bagaimana perasaan pasangan tentang pernikahan dengan mendengarkan tanggapan mereka ketika topik tersebut muncul.

“Jika dia melontarkan komentar negatif saat topik pernikahan dibicarakan dengan teman atau bahkan keluarga, perhatikan apa yang dikatakannya,” sarannya.

Jangan mengabaikan apa yang dia katakan, karena pembicaraan anti-perkawinan biasanya merupakan indikator yang jelas tentang bagaimana pendapatnya terhadap konsep tersebut, menurut Myers.

“Jika pasangan selalu berkomentar tentang betapa buruknya pernikahan atau berbicara tentang betapa semua orang yang sudah menikah menjadi tidak bahagia, itu tandanya dia tidak terburu-buru ke pelaminan,” jelasnya. 

"Jangan abaikan komentar-komentar ini. Sebaliknya, bicarakan kekhawatiran pasangan dan carilah contoh pernikahan yang positif."

3. Suasana hatinya berubah ketika pernikahan dibicarakan

Kadang-kadang ketidaksukaan terhadap topik pembicaraan tidak tertangkap lewat kata-kata, tapi bisa dilihat dari perubahan suasana hati. 

Menurut Susan Trombetti, seorang pencari jodoh dan CEO dari Exclusive Matchmaking, perubahan dalam suasana hati pasangan dapat memperjelas pendapatnya tentang kemungkinan pernikahan. Jika emosi di dia memburuk setiap kali pernikahan dibicarakan, itu bukan pertanda baik untuk mengambil langkah berikutnya.

“Pasanganmu belum siap untuk menikah jika suasana hatinya tampak buruk saat kamu ngomongin pernikahan,” katanya. "Dia mungkin menyukai hubungan apa adanya saat ini, hanya saja belum ingin menikah."

ilustrasi pasangan Shutterstock ilustrasi pasangan

Baca juga: Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap Menikah

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com