Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Kebiasaan "Sehat" yang Membuat Berat Badan Bertambah

Kompas.com - 15/03/2024, 08:03 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Jika kamu telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjalani gaya hidup sehat namun masih merasa sulit menurunkan atau mempertahankan berat badan, kamu tidak sendirian. Ini memang salah satu alasan umum mengapa orang-orang menyerah dalam usahanya menurunkan berat badan.

Umumnya penurunan berat badan melibatkan hal-hal seperti makan dalam porsi kecil, menghindari makanan kemasan dan memilih makanan utuh, memilih nutrisi dari nabati, dan berolahraga.

Namun meskipun telah melakukan petunjuk tersebut, ada nasehat yang sering salah kita pahami. Anjuran untuk mengonsumsi makanan sehat disalahartikan dengan mengasup makanan tersebut sebanyak-banyaknya. Apa saja contohnya?

Kebiasaan yang membuat berat badan bertambah

1. Minum jus berlebihan

Meskipun smoothie dan jus yang dibuat dengan bahan-bahan nabati adalah makanan yang sehat untuk diet kita, penting untuk tidak meminumnya berlebihan jika ingin menurunkan berat badan.

“Membuat jus dapat meningkatkan asupan gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan, berpotensi meningkatkan kadar gula darah dan memicu rasa lapar dan mengidam makanan yang lebih manis,” jelas Lisa Richards, ahli gizi dan penulis The Candida Diet. 

“Jus dalam jumlah besar dapat menyediakan sumber kalori yang tinggi, dan orang biasanya meremehkan kandungan kalori dalam minuman mereka.”

Richards menambahkan bahwa ketika buah-buahan dan sayuran dijus (hanya diambil cairannya), mereka juga kehilangan kandungan seratnya, yang penting untuk meningkatkan rasa kenyang dan memperlambat pencernaan gula. 

“Akibatnya, jus tidak memberikan efek mengenyangkan seperti makanan utuh, menyebabkan individu mengonsumsi lebih banyak kalori tanpa merasa kenyang,” katanya kepada Best Life.

Baca juga: 10 Minuman Terburuk untuk Turunkan Berat Badan, Ada Jus Buah

2. Mengonsumsi terlalu banyak lemak sehat

Lemak sehat dan tak jenuh merupakan bagian penting dari pola makan seimbang, sehingga sering kali membantu penurunan berat badan. Namun, berat badan masih mungkin bertambah karena mengonsumsi makanan ini secara berlebihan jika kita memakannya dalam jumlah atau porsi banyak.

“Meskipun lemak seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun bergizi, namun tetap padat kalori,” kata Daniel “Bokey” Castillo, pelatih pribadi, ahli gizi, dan pendiri Bokey Fit. “Mengonsumsinya secara berlebihan, meskipun merupakan lemak sehat, dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.”

3. Sering ngemil makanan padat nutrisi

Kesalahan lain yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan adalah terlalu sering mengemil makanan padat nutrisi. Meskipun kita memilih nutrisi yang tepat, namun mengonsumsinya secara berlebihan adalah kesalahan.

“Mengemil buah-buahan, yogurt, atau kacang-kacangan sepanjang hari memang menyehatkan, tapi juga bisa menyebabkan penambahan berat badan jika kita tidak memperhatikan ukuran porsinya. Mengonsumsi camilan padat nutrisi bisa menambah kalori,” kata Castillo.

4. Mengonsumsi terlalu banyak produk rendah lemak atau diet

Bila tujuanmu adalah menurunkan berat badan, salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menghindari makanan kemasan. Ini termasuk makanan kemasan yang disebut sebagai "rendah lemak" atau makanan yang diklaim ramah diet.

“Produk rendah lemak atau produk diet yang dikemas sebelumnya sering kali mengandung tambahan gula atau bahan buatan untuk mengimbangi berkurangnya kandungan lemak,” kata Castillo. Mengonsumsi produk-produk ini secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori dan potensi penambahan berat badan.

Baca juga: 8 Cara Diet Sehat yang Aman bagi Tubuh 

Ilustrasi tertidur di gymLUNAMARINA Ilustrasi tertidur di gym

5. Berolahraga berlebihan tanpa mengatur pola makan

Jika kamu mempertahankan pola makan yang tidak sehat, olahraga sebanyak apa pun tidak akan membantu, kata Castillo. “Olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, namun beberapa orang melebih-lebihkan jumlah kalori yang dibakar selama berolahraga. Jika kamu tidak menyesuaikan pola makan, olahraga berlebihan dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan makan berlebihan, sehingga meniadakan upaya penurunan berat badan,” jelasnya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com