Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Manfaat Olahraga, Bukan Hanya Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 21/03/2024, 11:11 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Secara teori, kita tahu bahwa olahraga itu baik untuk kita. Olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan kita saat ini. Namun jika kamu sulit termotivasi untuk berolahraga, kamu mungkin perlu diingatkan bahwa penurunan berat badan bukan satu-satunya alasan untuk berolahraga.

Matthew Kampert, DO, berbagi manfaat olahraga selain menurunkan berat badan. 

Manfaat olahraga

Lalu apa saja manfaat olahraga teratur? Tidak hanya dapat memberi lebih banyak energi, tetapi olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati, membantu tidur lebih nyenyak dan hidup lebih lama, dan banyak hal lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa olahraga sangat penting.

Membuat kita merasa lebih bahagia

Siapa yang tidak menyukai aliran endorfin yang menggembirakan setelah jalan cepat atau bersepeda?

Endorfin adalah hormon yang mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan, menciptakan perasaan sejahtera dan positif secara umum. 

Endorfin juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan dapat membantu meringankan rasa sakit jangka panjang. Olahraga teratur dapat memperkuat otot, mengurangi nyeri kronis dan risiko cedera.

Baca juga: Manfaat Olahraga Kardio Rutin bagi Kesehatan

Memberi lebih banyak energi

Aktivitas fisik meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah. Lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot, akan menghasilkan tingkat energi yang lebih tinggi. Meskipun tampak aneh bahwa mengeluarkan energi bisa memberi kita lebih banyak energi, ilmu pengetahuan mendukung klaim ini.

Sebuah penelitian menemukan bahwa 90% orang yang berolahraga teratur melaporkan berkurangnya kelelahan dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Jadi lain kali kamu mempertimbangkan secangkir kopi tambahan untuk membuat bersemangat, cobalah berjalan-jalan untuk menggantikannya.

Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan, membuat kita merasa lebih rileks dan stabil, yang merupakan kondisi sempurna untuk tidur.

Meskipun berolahraga juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat kita merasa lebih waspada sepanjang hari, aktivitas ini dapat membantu tidur lebih baik ketika suhu internal mulai turun kembali.

Jika kamu berolahraga di luar ruangan, paparan vitamin D juga dapat mengatur siklus bangun dan tidur. Namun pertimbangkan untuk tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Membantu melawan depresi

Penelitian menunjukkan bahwa untuk kasus depresi ringan atau sedang, olahraga dapat menjadi pengobatan yang efektif.

Berolahraga meningkatkan sensitivitas otak terhadap serotonin dan norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi. Namun jangan berpikir kamu perlu memulai latihan maraton untuk mendapatkan manfaatnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoga enam minggu saja (selain pengobatan standar) sudah cukup untuk mengurangi depresi dan bahkan kecemasan. Yoga dan Pilates juga berfokus pada latihan pernapasan, yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

Baca juga: Manfaat Olahraga 5 Menit per Hari, demi Cegah Kenaikan Berat Badan

Ilustrasi olahraga renang, manfaat renang sesuai gaya olahraganya, manfaat olahraga renang untuk kesehatan.Shutterstock/BalanceFormCreative Ilustrasi olahraga renang, manfaat renang sesuai gaya olahraganya, manfaat olahraga renang untuk kesehatan.

Membantu menjaga kekuatan otot dan tulang

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan massa dan fungsi otot. Namun berolahraga secara teratur dapat mengurangi kehilangan otot dan menjaga kekuatannya. Saat berolahraga, tubuh kita melepaskan hormon yang membantu otot menyerap asam amino dan meningkatkan pertumbuhan otot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com