Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Terapi Air ala Jepang Membantu Hidup Lebih Lama?

Kompas.com - 22/05/2024, 15:12 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar orang memimpikan hidup yang panjang, sehat, dan bahagia. Beberapa faktor dapat berkontribusi pada umur panjang, termasuk riwayat keluarga, praktik kesehatan, aktivitas fisik, pola makan yang sehat, dan kebiasaan gaya hidup secara keseluruhan.

Terapi air Toji Jepang, misalnya, dapat menjadi tambahan yang luar biasa untuk rutinitas perawatan diri Anda.

Apa itu terapi air Toji? Praktik pemandian tradisional yang juga dikenal sebagai "onsen" ini telah dinikmati selama berabad-abad di Jepang. Metode ini melibatkan relaksasi dan berendam di sumber air panas untuk mendapatkan berbagai manfaat penyembuhan.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi Air Hangat, Bisa Kurangi Stres

Apa manfaat dari terapi air Toji?

Menurut Dr. Shivani Amin, seorang dokter pengobatan tradisional yang berbasis di Los Angeles, ada banyak manfaat yang dapat dinikmati dengan memasukkan terapi air Toji ke dalam rutinitas rutin kita.

Manfaat pertama adalah relaksasi. Dr. Amin mengatakan, "Air hangat dari onsen mengendurkan otot-otot, mengurangi stres, dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur."

Kulit yang sehat adalah keuntungan lain dari aktivitas terapi ini, karena air yang kita gunakan untuk berendam biasanya kaya akan mineral.

"Air membersihkan dan meremajakan kulit, memperbaiki tekstur dan kesehatannya secara keseluruhan," tambah Dr. Amin.

Terapi air Toji juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. "Panas dari air meningkatkan sirkulasi darah, yang penting untuk detoksifikasi dan distribusi nutrisi ke seluruh tubuh," jelas Dr. Amin.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mandi di sumber air panas, atau "mandi spa air panas" bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan mental.

Menurut sebuah studi tahun 2023 yang diterbitkan di Heliyon, individu di Jepang yang rutin mandi air panas mengalami dampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa, bagi individu yang membutuhkan bantuan kesehatan dalam perawatan sehari-hari, berlatih mandi air panas di rumah dapat sangat bermanfaat dalam meningkatkan perawatan mereka secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat mencegah atau memperpanjang "perawatan jangka panjang" dan kemunduran.

Baca juga: Benarkah Manfaat Mandi Air Panas Sama seperti Berolahraga?

Bagaimana terapi air Toji dapat membantu memperpanjang usia?

Seperti yang telah Anda ketahui, semua manfaat luar biasa dari terapi air Toji ini dapat membantu memperpanjang umur.

"Terapi ini mengurangi tingkat stres, mendukung kesehatan jantung, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," jelas Dr. Amin.

"Yang paling penting, pengurangan stres kronis dan peningkatan kesehatan peredaran darah berpotensi memperpanjang usia dan kesehatan kita," imbuhnya.

Seberapa sering harus melakukan terapi air hangat?

Jika Anda siap untuk berendam di pemandian air panas atau melakukan terapi air hangat, Anda mungkin bertanya-tanya seberapa sering harus melakukannya untuk mendapatkan manfaatnya.

"Melakukan terapi onsen seminggu sekali akan bermanfaat. Sama seperti praktik kesehatan lainnya, konsistensi adalah kunci untuk merasakan efek terapeutiknya, termasuk menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun, saya akan mencatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami dampak penuh terapi air Toji pada tubuh," jelas Dr. Amin.

Baca juga: Inilah Manfaat Mandi Air Dingin bagi Pembuluh Darah, Sudah Tahu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com