Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Air Beras untuk Kulit, Mencerahkan dan Mencegah Kerutan

Kompas.com - 22/05/2024, 16:24 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Beras, merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun, siapa sangka bahwa air beras memiliki banyak manfaat baik untuk kulit.

Meskipun masih sedikit penelitian yang menunjukkan manfaat air beras untuk kulit, namun banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami tersebut.

Baca juga: Apakah Air Beras Bisa Mendorong Pertumbuhan Rambut?

Selain memiliki sejumlah manfaat untuk kulit, air beras juga mudah didapatkan serta terjangkau. Kamu bisa membuat racikan air beras di rumah untuk mendapatkan manfaat baiknya. 

Manfaat air beras untuk kulit 

Lantas, apa saja manfaat air beras untuk kulit? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Medical News Today dan Healthline. 

Ilustrasi air berasFreepik Ilustrasi air beras

1. Mencerahkan kulit 

Banyak produk kecantikan yang menggunakan air beras untuk mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam. Mulai dari sabun, toner, maupun krim. 

Sebab, air beras diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk mencerahkan pigmen kulit. Namun demikian, belum ada penelitian yang mengukur efektivitas air beras untuk mencerahkan kulit. 

Baca juga: 5 Fakta Memutihkan Wajah dengan Air Beras

2. Mencegah penuaan dini 

Sebuah studi pada 2013 menunjukkan bahwa fermentasi air beras dapat mencegah penuaan dini. Sebab, fermentasi air beras dapat meningkatkan kolagen di kulit, yang membuat kulit kenyal dan membantu mencegah kerutan sebagai tanda penuaan dini. 

Studi pada 2018 juga menemukan bahwa air beras mengurangi aktivitas elastase, yakni enzim yang terlibat dalam penuaan kulit. Hal ini menunjukkan bahwa air beras berpotensi mengurangi pembentukan kerutan pada kulit.

Sementara, penelitian pada 2001 menunjukkan bahwa inositol dalam air beras dapat menghaluskan kerutan di kulit. Para peneliti memperkirakan bahwa inositol dalam air beras dapat mengurangi ukuran kerutan sebesar 12,4 persen dan meningkatkan elastisitas kulit sebesar 17 persen. 

3. Melawan efek radikal bebas 

Air beras juga dapat membantu melawan efek radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Sebab, air beras mengandung antioksidan, seperti inositol. 

Sebuah penelitian kecil pada 2018 dengan 12 peserta menemukan bahwa air beras memiliki antioksidan yang sama dengan asam askorbat atau vitamin C.

Baca juga: Ramai di TikTok, Apa Benar Air Beras Bisa Bikin Rambut Subur?

4. Mengurangi iritasi kulit

Air beras juga terbukti efektif mengurangi iritasi kulit. Sebuah penelitian pada 2002, menguji efek mandi pakai air beras pada kelompok penderita eksim atopik dan penderita iritasi akibat sodium lauryl sulphate (SLS).

Mereka menemukan bahwa tingkat kesembuhan meningkat sebesar 20 persen pada penderita iritasi SLS. Hal ini terjadi setelah penderita iritasi SLS mandi dengan campuran air beras selama 15 menit dua kali sehari.

Selain itu, pelindung kulit juga membaik dengan perawatan air beras ini, pada penderita eksim atopik.

5. Melindungi kulit dari sinar matahari 

Bahan kimia yang terkandung dalam beras terbukti mampu membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Sebuah studi pada 2016 menunjukkan air beras adalah tabir surya yang efektif bila dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain.

6. Menenangkan kulit 

Banyak orang mengklaim bahwa mengoleskan air beras dapat menenangkan kulit, menghilangkan noda akibat kondisi kulit seperti eksim, dan membantu penyembuhannya. 

Dilihat dari manfaat air beras dari studi sebelumnya, maka kemungkinan besar klaim tersebut benar. 

Baca juga: Benarkah Air Beras adalah Kunci untuk Miliki Rambut Sehat?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com