Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kulit Wajah Laki-laki dan Perempuan Beda? Ini Kata Dokter Kulit

Kompas.com - 05/06/2024, 20:35 WIB
Devi Pattricia,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki jenis, warna, serta kondisi kulit yang berbeda-beda. Kondisi tersebut tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti genetik dan gaya hidup.

Lantas, apakah antara kulit laki-laki dan perempuan juga memiliki perbedaan?

Menanggapi hal tersebut, dermatolog sekaligus konten kreator kecantikan, Claudia Christin mengungkapkan bahwa terdapat kesamaan sekaligus perbedaan antara kulit laki-laki dan perempuan. Berikut ulasan singkatnya.

Baca juga: 4 Tips Perawatan Kulit Laki-laki di Tengah Cuaca Panas

Perbedaan kulit laki-laki dan perempuan

Claudia Christin menjelaskan secara fungsi dan struktur kulit laki-laki dan perempuan sama saja. Namun, terdapat beberapa hal yang membedakan, yaitu dari segi ketebalan kulit.

“Ada beberapa sedikit perbedaan seperti ketebalan kulit gitu, ya. Tapi kebutuhan kulit laki-laki dan perempuan itu sama,” kata Claudia dalam Media Gathering Avoskin, di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini. 

Menariknya, Claudia Christin menyebut bahwa laki-laki justru memiliki lapisan kolagen yang lebih tebal dibandingkan perempuan, lho.

Tak cuma itu, kondisi kulit perempuan juga lebih dipengaruhi oleh hormon yang ada di dalam tubuh.

“Laki-laki itu cenderung punya lapisan kolagen yang lebih tebal dibandingkan wanita. Apalagi kalau para perempuan ini kulitnya juga ada pengaruh dari hormon,” ujarnya.

Baca juga: Perawatan Kulit Cegah Penuaan Dini akibat Cuaca Panas

Laki-laki dan perempuan butuh skincare

Meskipun cenderung punya lapisan kolagen yang lebih tinggi, bukan berarti laki-laki tidak perlu merawat kulit wajah. Kondisi tersebut tetap membutuhkan perawatan kulit yang optimal.

Apabila, jika tidak dirawat dan dinutrisi dengan baik melalui skincare, maka kesehatan kulit wajah laki-laki juga bisa terganggu. 

Bagi Claudia, laki-laki dan perempuan tetap membutuhkan basic skincare untuk menutrisi kulit. Biasanya, para kaum adam cenderung lebih suka menggunakan skincare yang simpel dan cepat.

“Sebenarnya skincare itu genderless, laki-laki maupun perempuan sama-sama butuh skincare dan kebutuhannya sama. Hanya saja preferensinya berbeda, karena laki-laki butuh yang ringkas dan cepat,” jelas Claudia.

“Sedangkan perempuan lebih take time dalam melakukan skincare, lebih mau melakukan skincare step yang lebih kompleks,” sambungnya.

Baca juga: 4 Tips Perawatan Kulit Laki-laki di Tengah Cuaca Panas

Claudia menambahkan, tingkat kebersihan udara yang menurun serta aktivitas yang padat juga bisa membuat kulit laki-laki dan perempuan sangat memerlukan nutrisi dan perlindungan ekstra. 

“Karena sama-sama terpapar polusi, kotoran, butuh hidrasi, dan juga butuh perlindungan dari sinar matahari. Jadi skincare step-nya itu sama saja, ada cleanser, moisturizer, sunscreen,” tandas Claudia.

@kompas.lifestyle Walau wajah sedang berjerawat, kamu tetap bisa pakai makeup loh ???? Gimana sih caranya? Yuk simak tips dari kak Bubah Alfian ????? Kreatif: Nabilla Ramadhian Produser: Nabilla Tashandra #makeup #makeuptricks #makeuphacks #makeupjerawat #fyp #foryoupage #fypage ? Sweet Strawberry (Live) - eas Ratta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com