Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2024, 18:00 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah gencarnya tren perawatan kulit yang semakin kompleks dan banyaknya produk yang menawarkan berbagai janji kecantikan, seringkali kita merasa terombang-ambing saat memilih skincare yang tepat.

Namun, tahukah kamu bahwa terkadang, kecantikan sejati justru ditemukan dalam kesederhanaan? Rutinitas skincare yang terlalu rumit seringkali tidak hanya memakan waktu, tetapi juga membebani kulit dengan terlalu banyak bahan kimia dan rangkaian produk.

Menyederhanakan tahapan skincare bukanlah tindakan yang mengorbankan hasil optimal. Sebaliknya, hal itu memungkinkan kulit untuk bernapas dan memperoleh manfaat dari perawatan yang tepat tanpa terlalu banyak dioles bahan asing.

Baca juga: Memilih Skincare untuk Penderita Eksim, Apa yang Harus Diperhatikan?

Menyederhanakan tahapan skincare

Dilansir dari laman mindbodygreen, ada beberapa saran dari para ahli untuk menyederhanakan tahapan skincare, simak di bawah ini!

1. Cari kombinasi produk

Carilah produk yang memiliki lebih dari satu manfaat. "Kombinasi produk, yaitu produk yang memiliki beberapa bahan aktif, adalah cara yang bagus untuk menyederhanakan rutinitas perawatan kulit dengan mengurangi jumlah langkah," kata dokter kulit bersertifikat Julia Schwartz, M.D., FAAD.

Hal ini juga akan membantu kamu membatasi pelapisan produk yang berlebihan, yang dapat menyebabkan pilling (kumpulan kecil produk yang berkumpul seperti serat pada kulit).

Sebagai contoh, jika kamu ingin menghidrasi dan mencerahkan, carilah serum yang mengandung antioksidan (vitamin C, astaxanthin, dll.) dan humektan yang kuat seperti asam hialuronat atau gliserin.

Namun, jangan sembarangan mencampurkan bahan aktif yang kuat seperti retinol dan eksfoliasi kimiawi. Karena hal ini dapat memicu iritasi atau membuat keduanya menjadi tidak efektif.

2. Beriventasi pada treatment

"Jika saya akan menggunakan uang dan waktu saya untuk perawatan kulit, saya pasti akan memilih retinoid, seperti tretinoin," kata Schwartz.

Tretinoin adalah formula retinol yang hanya tersedia dengan resep dokter, tujuannya menyamarkan garis-garis halus, mengobati jerawat, menghilangkan flek hitam, dan lain-lain.

Salah satu keuntungan dari retinol yang hanya tersedia dengan resep dokter adalah bahwa retinol tersebut dapat disesuaikan dengan masalah kulit kamu - yang berarti satu orang hanya membutuhkan 0,25% retinol, sementara yang lain membutuhkan 1%, tergantung pada sensitivitas dan masalah kulit mereka. Beberapa formula bahkan memiliki bahan tambahan, menjadikannya produk kombinasi juga.

Baca juga: Pakai Skincare Berlapis Bisa Sebabkan Jerawat Batu?

3. Optimalkan perawatan rutin

Schwartz mencatat bahwa perangkat perawatan kulit di rumah, seperti alat mikro dan terapi cahaya LED, tentu saja dapat meningkatkan kesehatan kulit, tetapi itu tidak boleh menjadi prioritas utama.

"Jika tujuannya adalah untuk menyederhanakan rutinitas kamu, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan menggunakan bahan aktif berupa serum dan krim daripada perangkat yang mahal dan memakan waktu," katanya.

Anggaplah perangkat kecantikan sebagai langkah tambahan jika kamu memutuskan untuk naik level, bukan sesuatu yang sangat kamu butuhkan untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit yang efektif dan minimal.

Baca juga: Rutinitas Skincare Terbaik untuk Kulit Kering Menurut Ahli

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com