Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2024, 07:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Banyak faktor yang berperan dalam menciptakan kesan pertama yang baik: datang tepat waktu, bersikap positif, menjadi diri sendiri, memancarkan rasa percaya diri, dan berpenampilan menarik. 

Kesan pertama penting karena memengaruhi cara orang lain berpikir tentang kamu dan dapat membantu membangun hubungan yang kuat serta rasa percaya. Di dunia profesional, kesan pertama bisa menjadi sangat penting dalam mendapatkan peluang baru, berkolaborasi dengan rekan kerja, dan memajukan karier.

Suka atau tidak, orang secara sadar atau tidak sadar membentuk opini tentang diri kita hanya dalam beberapa detik. Salah satu hal pertama yang akan mereka perhatikan adalah pakaianmu. 

Baca juga: 7 Bahasa Tubuh untuk Kesan Pertama yang Baik di Awal Pertemuan

Cara memberi kesan lewat pakaian

Berikut adalah detail penting yang dapat membantu meningkatkan penampilanmu agar lebih berkesan:

1. Tambahkan warna

Ilustrasi perempuan dengan kulit gelap, warna baju yang cocok buat perempuan dengan kulit gelapShutterstock/Look Studio Ilustrasi perempuan dengan kulit gelap, warna baju yang cocok buat perempuan dengan kulit gelap
Artis dan perancang busana Diana Stelin mengatakan warna bisa menjadi alat yang sangat ampuh untuk memengaruhi suasana hati dan gaya komunikasi orang lain, jadi jangan ragu untuk menambahkan kecerahan pada pakaianmu.

“Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa hitam adalah warna yang paling aman, padahal sebenarnya warna itu mencuri rona dari wajah kita, membuat kita terlihat lebih pucat,” ujarnya. "Memahami warna yang cocok untukmu adalah kunci utama untuk tampil penuh energi dan percaya diri."

Jika kamu tampak keren dalam warna hijau, pastikan warna tersebut terwakili saat mencoba memberikan kesan pertama yang baik. Jika kamu tahu warna merah tidak cocok untukmu, hindari saja!

2. Sesuaikan ukuran pakaian

Ilustrasi priaXiXinXing Ilustrasi pria
Dalam pertemuan atau acara besar, pastikan mengenakan pakaian yang pas, tidak kesempitan dan tidak kedodoran. Bila sulit menemukan size yang tepat, penjahit dapat mengubah pakaianmu menjadi lebih pas sehingga saat dipakai terlihat rapi dan membuatmu lebih percaya diri.

“Banyak klien wanita saya tidak ingin menarik perhatian pada pinggulnya, jadi saya sering menyarankan agar mereka memotong saku depan celananya (terutama celana putih) lalu menutup sakunya,” kata Tara Hooper., penata gaya pribadi dan penata gaya utama di Reveal Suits. 

"Hal ini menciptakan tampilan yang kurang penuh di area tersebut; celananya terlihat rata dan bersih serta mengikuti garis pinggul daripada membuatnya lebih penuh, yang dapat membuat proporsi tubuhnya tidak seimbang. Saya melakukan ini pada sebagian besar celana kecuali jeans."

Bicarakan dengan penjahitmu tentang penampilan yang kamu inginkan dan pastikan mengenakan pakaian yang sesuai denganmu dan bentuk tubuhmu.

Baca juga: 8 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik

3. Jangan biarkan pakaian membuatmu tenggelam

Ilustrasi perempuan berbaju pink Ilustrasi perempuan berbaju pink
Gaya pribadi merupakan perpanjangan dari siapa dirimu, tapi jangan berlebihan dan jangan biarkan apa yang kamu kenakan justru menenggelamkan dirimu.

Beberapa orang memakai pakaian secara berlebihan, sehingga perhatian utama orang lain justru pada pakaiannya bukan pada dirinya. Hal ini akan membuat keunikan dirimu tertutupi. “Jangan lupakan kepribadianmu, jadikan pakaian untuk memperkuat bukan menenggelamkannya,” kata penata gaya Roberta Lee.

"Gabungkan warna dan aksesori dengan cermat untuk melengkapi kepribadianmu tanpa menutupi kehadiranmu."

4. Tingkatkan level berpakaian

Ilustrasi perempuan berbaju biru Ilustrasi perempuan berbaju biru
Agar tampil menonjol dan memberikan kesan pertama yang baik, Philip Pravda, pakar fesyen pria dan pendiri SuitCafe, menyarankan untuk berpakaian sedikit lebih baik dari yang kamu kira diperlukan untuk acara tersebut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com