Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kegiatan yang Dianggap Penting oleh Generasi Milenial?

Kompas.com - 17/07/2017, 16:54 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com – Setiap generasi punya ciri tersendiri, baik dalam cara berpakaian, kesukaan pada jenis musik, atau melakukan aktivitas. Tak terkecuali generasi milenial, yang menurut survey ternyata terobsesi pada traveling alias bepergian.

Dengan bepergian, generasi ini berlomba menjadi lebih keren dibanding rekan-rekannya. Bahkan lebih dari satu di antara empat orang milenial (43 persen) menganggap mereka lebih “berbudaya” dibanding rekan-rekannya yang tidak bepergian sesering mereka.

Dalam survey yang melibatkan lebih dari 1.000 orang berusia 18 hingga 37 tahun oleh konsultan pemasaran FutureCast, diketahui generasi ini lebih mementingkan pengeluaran untuk travel dibanding untuk keperluan lain. Bahkan traveling sangat penting bagi milenials dibanding belanja barang-barang, menabung untuk hari tua, atau membeli rumah.

Mengapa mereka begitu terobsesi bepergian? Menurut artikel dalam survey ini, bagi para milenials, bepergian adalah cara untuk menunjukkan jati diri mereka melalui petualangan-petualangan baru, dan kemudian menjadikan petualangan itu sebagai bagian dari identitas. Oleh karenanya, mereka yang tidak bepergian dianggap kurang keren.

Baca: Terungkap, 3 Posisi Seks Favorit Generasi Milenial

Tetapi apapun alasannya, satu hal yang pasti: mereka menabung untuk bepergian, walau kadang harus mengorbankan kebutuhan dan simpanan masa depan. Dalam survey tentang pengeluaran milenial yang dilakukan di AS, Inggris, dan China tahun 2016, generasi ini memilih menggunakan uangnya untuk bepergian dibanding membeli mobil atau rumah.

Dari responden yang diwawancarai, hanya 18 persen yang berencana menabung untuk hari tua, sebaliknya, hanya 10 persen yang rela untuk tidak bepergian tahun ini.

Menurut catatan FutureCast, generasi milenial adalah angkatan yang paling banyak membelanjakan uang untuk traveling (rata-rata 879,30 dollar AS per orang) dibanding generasi lain. Lebih dari separuh responden bahkan berencana menghabiskan uang lebih banyak, yakni lebih dari 1.000 dollar AS untuk bepergian tahun ini.

Menurut anggota generasi ini, traveling memberi pengalaman yang mengubah hidup. Mereka merasa lebih terbuka pada dunia dan beruntung bisa memiliki banyak teman di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com