Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Lipstik Secara Online Antisalah Warna dengan Beauty Cam

Kompas.com - 07/08/2019, 08:33 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Penggemar kecantikan menggunakan ponsel untuk mengikuti tren yang terus berubah, termasuk berbelanja produk kosmetik.

Meski belanja online sangat praktis, tetapi kekurangannya adalah kita tidak bisa mencoba produk terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi masalah jika kita ingin membeli kosmetik yang warnanya perlu disesuaikan dengan warna kulit, seperti lipstik.

Kekurangan tersebut kini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi ModiFace Virtual Try-On yang berbasis Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (IR). Aplikasi tersebut telah diluncurkan di 20 negara.

Di Indonesia, L’oreal bekerja sama dengan Shopee sebagai partner ritel pertama yang menerapkan aplikasi yang diberi nama Beauty Cam.

Konsumen mencoba lipstik secara virtual di aplikasi Beauty Cam Shopee.Shopee Konsumen mencoba lipstik secara virtual di aplikasi Beauty Cam Shopee.
Aplikasi itu bisa diakses saat membuka aplikasi Shopee dan konsumen bisa mencoba produk lipstik secara virtual sebelum membelinya.

Dijelaskan oleh General Manager Consumer Product Division L’Oreal Indonesia, Manashi Guha, peluncuran Beauty Cam dilakukan serentak di Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan, pada International Lipstic Day beberapa waktu lalu.

“L’Oreal menjadi perusahaan kecantikan pertama yang menyediakan layanan AR dan IR pada e-commerce Indonesia,” kata Manashi menjawab pertanyaan Kompas.com melalui surat elektronik.

Perkembangan teknologi telah membentuk perilaku dan kebiasaan berbelanja yang baru pada konsumen. Kini tuntutan konsumen pun semakin tinggi.

Melalui aplikasi ini, konsumen L’Oreal di Indonesia bisa bereksperimen dan mencoba shade lipstik yang berbeda dari Maybelline, L’Oreal Paris, dan NYX professional, sebelum membeli produk tersebut.

“Kami ingin membuat pengalaman belanja online lebih mudah. Ke depan kami juga akan mengimplementasikan ModiFace di platform belanja online lainnya dan juga kategori makeup lainnya,” katanya.

Sebelumnya penerapan AR sudah ditemukan secara luas dalam beberapa bidang, seperti bisnis, pendidikan, hingga olahraga.

Dengan penerapan AR, konsumen dapat mensimulasikan sebuah produk secara virtual dengan tingkat akurasi cukup tinggi dengan benda nyata.

Di Indonesia, L’Oreal merupakan perusahaan kecantikan pertama yang menerapkannya di situs e-commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com