Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Wajib Kenali Pemicu Stres pada Remaja Sebelum Berakibat Fatal

Kompas.com - 01/12/2020, 06:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Model pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah masa pandemi Covid-19 tak disangkal mampu memicu tekanan besar bahkan depresi pada anak, khususnya mereka yang berusia remaja.

Kabar duka yang datang dari wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, di mana seorang siswi SMP kelas VII memilih mengakhiri hidupnya karena beban pelajaran bisa menjadi contoh.

Fenomena bunuh diri memang sangat kompleks, dengan banyak faktor pencetus. Namun, faktor amat memengaruhi keputusan menyedihkan semacam itu antara lain adalah kondisi kesehatan mental.

Baca juga: Stres Belajar Online Picu Remaja Bunuh Diri, Apa Komentar Psikolog?

JIka dikaitkan dengan proses PJJ, maka perlu diketahui apakah seorang anak bisa mengikuti pelajaran atau tidak?

Atau, seberapa besar dia bisa beradaptasi dengan model PJJ, dan juga -mungkin, ketersediaan fasilitas untuk belajar.

"Bisa juga dilihat dari kondisi keluarganya. Ada yang orangtuanya di PHK atau mungkin mengalami kekerasan dalam rumah tangga, dan kondisi-kondisi stres lainnya yang memicu pertengkaran di dalam keluarga."

Begitu penuturan seorang psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina dalam perbincangan dengan Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Baca juga: 7 Tips Atasi Stres pada Anak di Tengah Pandemi Covid-19

"Biasanya, gangguan stres ini terjadi pada anak-anak kelas VII dan X, dan yang baru masuk kuliah, karena dia tidak terlalu mengenal teman-temannya," ungkap Nina.

Menurut Nina, proses pembelajaran yang kurang menyenangkan atau alasan berkompetisi dengan teman-teman sebaya juga bisa meningkatkan stres pada remaja.

Mengenali pemicu

Di samping itu, kedekatan antara anak dengan orangtua juga dapat memengaruhi bagaimana tingkat stres selama melakukan PJJ di rumah.

Terlebih lagi, anak-anak yang sudah menginjak usia remaja memang cenderung lebih tertutup, baik kepada teman maupun orangtuanya.

Oleh karena itu, orangtua harus lebih aktif mengenali sumber penyebab stres pada remaja yang jika tak segera ditangani akan membahayakan jiwa, termasuk keinginan untuk bunuh diri.

Baca juga: Bermain Ternyata Bisa Lepaskan Stres Pada Anak

"Langkah pertama yang perlu dilakukan orangtua adalah memeriksa apa yang terjadi pada anak sebelum mengatasinya," ungkap Nina.

"Nah, kalau yang membuat stres adalah internet, kita bisa menambahkan kuota atau membuat sinyal lebih kuat."

"Tapi kalau masalahnya karena guru yang sangat menyebalkan mungkin menambahkan kuota tidak akan mengatasi stres," sambung Nina.

Baca juga: 5 Langkah untuk Mengelola Stres pada Anak Saat Belajar Online

Maka, meluangkan waktu untuk berbicara dengan anak selama masa pandemi menjadi begitu krusial. Orangtua bisa mencari tahu sumber stres pada remaja, dan bisa mengatasinya berdasarkan sumber stres tersebut.

Jika dengan membicarakannya pun masih belum memecahkan masalah, orangtua dapat berkonsultasi pada ahli atau psikolog tentang bagaimana menangani remaja yang stres akibat belajar dari rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com