Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2021, 20:24 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak sedikit orang yang membiarkan anjing peliharaannya tidur di atas kasur saat malam hari.

Di satu sisi, tidur bersama anjing akan mempererat kedekatanmu dengan hewan tersebut. Namun di sisi lain, ada yang menganggap jika anjing tidak boleh tidur di kasur.

Menurut survei yang dilakukan SpotOn Virtual Fence, sekitar 50 persen pemilik anjing membiarkan hewan peliharaan mereka tidur di tempat tidur bersama mereka.

Memeluk anjing di tempat tidur bisa memberikan kita kehangatan, tetapi dalam situasi tertentu, membiarkan anjing tidur di kasur dapat mendatangkan bahaya.

Kondisi di mana anjing tidak boleh tidur di kasur

Kita mungkin akan tergoda untuk menggendong anak anjing yang lucu dan membawanya ke tempat tidur. Namun, anak anjing yang belum terlatih sebaiknya tidak tidur di kasur kita.

"Seekor anjing sebaiknya tidak tidur di tempat tidur Anda sampai ia dilatih menggunakan potty atau buang air di tempatnya," kata Derick Lengemann, VMD di Lakewood Veterinary Hospital, Mooresville, Carolina Utara, AS.

"Konsistensi adalah kunci untuk latihan buang air. Anak anjing belum bisa pergi ke toilet atau tempat buang airnya, dan ia suka tempat bersih."

Jika anjing ditidurkan di kasur, maka anjing tersebut bisa turun dari tempat tidur dan membuang kotoran di lantai, menurut Lengemann.

"Anak anjing juga harus terlebih dahulu memahami bahwa kandangnya adalah tempat yang aman dan menyenangkan agar ia tidak merasa harus tidur di kasur," jelasnya.

Irith Bloom, konsultan perilaku anjing bersertifikat dan pelatih anjing profesional biasanya menyarankan kliennya untuk menjauhkan anjing dari tempat tidur apabila anjing melakukan tindakan tertentu.

Tindakan yang dimaksud antara lain menggeram, mengacak-acak, menggigit seprai, atau menggigit kita saat ia diangkat dari tempat tidur.

Setelah anjing berhenti menunjukkan perilaku tersebut, barulah kita dapat mempertimbangkan untuk membiarkan anjing kembali tidur di kasur, kata Bloom.

Kita juga sebaiknya mempertimbangkan faktor kebersihan dan kesehatan sebelum memutuskan untuk tidur bersama anjing peliharaan.

"Ada beberapa risiko jika Anda tidur dengan anjing. Jika anjing mengidap penyakit zoonosis, penyakit yang dapat menyebar dari hewan ke manusia, Anda mungkin lebih mungkin tertular penyakit tersebut," kata Dr Jessica Kirk, DVM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com