Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, 6 Kebiasaan Minum yang Merusak Tubuh Orang di Atas 50 Tahun

Kompas.com - 13/11/2021, 14:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, menjaga kebiasaan minum yang baik sangat penting untuk membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Apalagi, beberapa minuman manis seperti soft drink, misalnya, dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh ketika kita mulai menua.

Untungnya, para ahli diet membagikan kebiasaan minum mana yang harus dihentikan, terutama saat kita sudah berusia di atas 50 tahun.

Dengan demikian kita dapat mulai membuat pilihan yang lebih sehat untuk tubuh dalam jangka panjang.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak enam kebiasaan minum yang dapat merusak tubuh setelah kita berusia di atas 50 tahun.

1. Terlalu banyak minum manis

Bagi siapa pun yang berusia di atas 50 tahun harus berhati-hati dan sebisa mungkin mengurangi konsumsi minuman yang manis.

Baca juga: 6 Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 60 Tahun

"Mengonsumsi terlalu banyak gula dalam satu minuman adalah sesuatu yang harus diperhatikan, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun."

Demikian kata Megan Roosevelt pendiri HealthyGroceryGirl.com.

"Ini karena gula tidak memiliki manfaat nutrisi dan malah dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, serta resistensi insulin dalam mengembangkan diabetes tipe 2," sambung dia.

Selain itu, diet tinggi gula juga dapat berkontribusi pada gangguan mood, meningkatkan demensia, tekanan darah tinggi, penyakit hati, dan beberapa jenis kanker.

2. Mengonsumsi alkohol berlebihan

"Alkohol sering dianggap sebagai kalori kosong, artinya alkohol memberikan tubuh kalori namun tidak memiliki nilai gizi," ujar Roosevelt.

Bahkan, menurut dia, pilihan alkohol tanpa gula dapat berkontribusi pada penambahan berat badan karena fakta bahwa kalori cair kekurangan serat, protein, lemak atau nutrisi apa pun yang akan berkontribusi untuk merasa kenyang dan puas.

Di samping itu, alkohol juga dapat menyebabkan asupan kalori berlebih.

Tetapi, jika kita masih ingin mengonsumsi alkohol, kita bisa beralih pada pilihan yang lebih bergizi seperti wine dengan mengonsumsinya secara moderat.

3. Tidak minum cukup air putih

Ahli gizi dan penulis Finally Full, Finally Slim, Lisa Young, mengatakan, kebiasaan merugikan lainnya yang sangat penting adalah tidak minum cukup air putih.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com