Kompas.com - 10/11/2021, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan di usia 60 tahun ke atas memang menjadi tantangan tersendiri.

Di samping itu, kesibukan harian membuat sebagian orang di usia 60 tahun ke atas sulit untuk menegaskan komitmen berolahraga.

Pada umumnya, menurunkan berat badan di usia 60 tahun ke atas tidak berbeda dengan di usia yang lebih muda. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan.

Pertimbangan tersebut termasuk masalah kesehatan yang terjadi di usia tua. Ketika mengalami masalah kesehatan, biasanya semakin sulit bagi individu untuk bernapas dalam saat berolahraga.

Masalah kesehatan lainnya yang juga mungkin menjadi tantangan ketika hendak menurunkan berat badan di usia 60 tahun me atas adalah masalah sendi, di mana beberapa orang cenderung mengembangkan arthritis.

Meski begitu, menurunkan berat badan di usia 60 tahun ke atas bukan hal yang mustahil. Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan sehingga orang di usia 60 tahun ke atas dapat mencapai berat badan yang lebih sehat.

Baca juga: 4 Nutrisi Penting untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Tips menurunkan berat badan di usia 60 tahun

Berikut beberapa tips menurunkan berat badan di usia 60 tahun ke atas yang dapat dipraktikkan untuk mendapatkan berat badan sehat:

1. Memperbanyak latihan beban

Ketika mencari tips menurunkan berat badan di usia 60 tahun, penting untuk fokus memperbanyak latihan beban dan menguatkan otot alih-alih hanya fokus menurunkan angka di timbangan berat badan.PIXABAY/ALFRED DERKS Ketika mencari tips menurunkan berat badan di usia 60 tahun, penting untuk fokus memperbanyak latihan beban dan menguatkan otot alih-alih hanya fokus menurunkan angka di timbangan berat badan.
Ketika mencari tips menurunkan berat badan di usia 60 tahun, penting untuk fokus memperbanyak latihan beban dan menguatkan otot alih-alih hanya fokus menurunkan angka di timbangan berat badan.

Sebab, menurut Prevention, seiring bertambahnya usia, persentase otot akan berkurang setiap tahunnya.

Kondisi ini akan memengaruhi metabolisme dan kemampuan tubuh untuk mengurangi lemak tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.